KKN-PPL UNY Ajak Siswa Eksplorasi Gua Karst Gunungsewu

KKN-PPL UNY di SMA Negeri 1 Wonosari Kabupaten Gunungkidul mengajak siswa eksplorasi bersama gua karst Gunungsewu pada Minggu 8/9/13. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja unggulan dari kelompok KKN-PPL SMA N 1 Wonosari tahun 2013.
Isma Dwi Kurniawan selaku ketua panitia menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh 17 siswa SMA N 1 Wonosari yang tergabung dalam PAWANA (Organisasi siswa pecinta alam SMA N 1 Wonosari) dan 15 orang anggota KKN-PPL UNY.
Dalam eksplorasi ini terdapat pula beberapa personil dari 2 organisasi pecinta alam asal UNY yang turut berkontribusi, yakni BSG UNY (Biospeleology Studien Gruppen) dari FMIPA dan MAHAMERU dari FIS. Eksplorasi dilakukan di 2 gua karst Gunungsewu, yakni gua Sinden dan Gua Toto yang keduanya berada di Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul.
“Tujuan utama kegiatan ini adalah memperkenalkan potensi ilmiah gua karst Gunungsewu kepada siswa agar siswa tertarik dan termotivasi untuk melakukan penelitian di kawasan gua karst Gunungsewu. Selama eksplorasi, siswa terlihat sangat antusias dalam melakukan pengamatan terhadap beberapa komponen ekosistem gua karst yang terfokus pada biota gua dan struktur batuan gua,” imbuh mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi ini.
Ditambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajarkan tata-cara memasuki gua horizontal yang benar dengan standar operasional prosedurnya. Kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan kepedulian siswa terhadap kelestarian potensi lokal daerah mereka, yang dalam hal ini berupa gua-gua karst. (isma/witono)