BSG UNY Eksplorasi Gua-Gua Karst Menoreh

Biospeleology Studien Gruppen (BSG UNY), salah satu organisasi Mahasiswa pecinta alam Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY melakukan kegiatan eksplorasi gua di kawasan Karst Menoreh, Purworejo, Jawa Tengah  pada 5-6 Juni 2013. Eksplorasi dilakukan untuk meneliti ekosistem gua-gua di kawasan karst Menoreh. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari lolosnya 12 judul proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diajukan oleh anggota BSG UNY dalam seleksi proposal PKM rintisan50 judul yang diselenggarakan oleh FMIPA UNY.
Nurrohman Eko Purnomo selaku ketua panitia menjelaskan, bahwa kegiatan eksplorasi ini diikuti oleh 46 anggota aktif  BSG UNY yang tergabung ke dalam 12 kelompok judul PKM.Eksplorasi di lakukan di 4 gua karst Menoreh, yakni Gua Anjani, Gua Nguwik, Gua Splawan dan Gua Sekantong. Kegiatan penelitian terfokus pada biota-biota gua sesuai dengan judul-judul PKM yang lolos yakni Plankton, Arthropoda,Kelelawar, Bakteri dan Fungi.
Isma Dwi Kurniawan, selaku ketua BSG UNY periode 2013 menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari Visi BSG UNY untuk meningkatkan iklim penelitian di kalangan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi terutama dalam bidang ilmu Biospeleologi atau ilmu yang mempelajari tentang ekosistem gua.
Dijelaskan, setiap tahunnya, BSG UNY selalu aktif melakukan kegiatan eksplorasi gua dan penelitian. Selain bertujuan untuk keperluan penelitian, kegiatan-kegiatan semacam ini juga diharapkan mampu meningkatkan rasa cinta dan kepedulian anggota BSG UNY terhadap kelestarian ekosistem gua.
“Ekosistem gua karst memiliki potensi ilmiah yang sangat tinggi dan masih banyak yang belum diteliti. Hingga saat ini, masih sangat minim organisasi yang fokus bergerak dibidang ilmu biospeleologi. BSG UNY akan terus meningkatkan kegiatan eksplorasi dan penelitian untuk menggali potensi gua-gua karst. “ tambah isma. (isma/witono)