Mahasiswa FMIPA UNY Ikuti ON MIPA-PT 2013

Setelah  melalui seleksi tingkat universitas yang diikuti oleh 177 mahasiswa, sebanyak 28 mahasiswa berhak  mengikuti Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) tahun 2013 di  Mandala Bhakti Wanita Tama, Yogyakarta, Senin-Selasa (29-30/4). ON MIPA-PT diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Dikti. Peserta di bagi ke 4 bidang yaitu Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi yang masing-masing terdiri 7 mahasiswa.
Peserta ON MIPA-PT dilepas oleh Dekan FMIPA UNY, Dr. Hartono dan Wakil Dekan III, Suhandoyo, MS. Pada kesempatan tersebut Dekan mengatakan, ajang On MIPA-PT sudah beberapa kali diselenggarakan, ini patut diikuti dan diseriusi karena target ON MIPA-PT kalau bisa lolos di level nasional akan ada pembinaan di level nasional yang kemudian akan diikutkan di level internasional. Semoga UNY bisa ikut di level nasional.
“Sebenarnya tipe soal di ON MIPA_PT  lebih cocok untuk mahasiswa semester 6 atau 7. Oleh karena itu bagi mahasiswa semester awal bisa untuk pengalaman. Bagi peserta yang baru semester 4, mahasiswa jangan hanya mengandalkan materi yang diajarkan di bangku kuliah karena ada materi-materi atau konsep-konsep yang belum pernah diajarkan. Sehingga harus giat melihat tipe-tipe soal. Dari situ  anda akan mendapatkan pengalaman dan di tahun berikutnya bisa mengikuti lomba lagi,” lanjutnya.
Ditegaskan, peserta dituntut berkreativitas, karena biasanya tipe soal berupa soal-soal non rutin yang jarang sekali ditemui di ujian perkuliahan. Apapun hasilnya diharapkan para mahasiswa terus menggeluti ini, tidak hanya saat ini saja, tapi juga fokus karena sudah bisa meraba-raba tipe soal untuk berlomba di waktu yang akan datang. (witono)