MAHASISWA KELAS INTERNASIONAL FMIPA UNY DITARGET TOEFL 450

Untuk penulisan artikel/skripsi, universitas memberikan perlakuan yang spesial bagi mahasiswa kelas internasional di FMIPA UNY, diantaranya  sejak semester satu kita sudah mendatangkan native speaker / dosen tamu dari luar negeri. Tiap tahun kita juga mendatangkan dosen tamu dari berbagai negara seperti Australia, Malaysia, Singapura, dll. Ada yang seminggu atau 10 hari. Harapannya bisa memberikan pengalaman lebih kepada mahasiswa kelas internasional.
Sebelum menulis, mahasiswa kelas internasional akan diberikan Academic for writing. Mahasiswa kelas internasional ditarget toeflnya minimal 450. Sebelum mencapai 450 akan dikursuskan secara gratis. Bagi mahasiswa semester 6 dan memasuki semester 7 atau 8 harus bersiap-siap yang toelnya belum 450 segeralah mendaftar di Jurusan.
Hal tersebut disampaikan Wakil Dekan I FMIPA UNY,  Dr. Suyanta pada acara diskusi antara jajaran pimpinan fakultas dengan para mahasiswa kelas internasional di FMIPA, Kamis, 21/2 di kampus FMIPA.
Dijelaskan, mahasiswa kelas internasional diberi fasilitas kunjungan ke sekolah internasional kalau di Jawa. Pada semester akhir kita fasilitasi ke negara lain. Bulan depan kita memberangkatkan mahasiswa Fisika dan Biologi ke Malaysia. Kita usahakan untuk satu kelas secara bertahap. Untuk Jurusan Pendidikan Kimia sudah sejak dua tahun lalu berangkat ke Malaysia.
Sementara itu, Dekan FMIPA, Dr. Hartono mengatakan, untuk penulisan jurnal berdasarkan aturan dirjen dikti, S1 skripsinya harus dijurnalkan kemudian diupload. Kemudian kita membuat kebijakan ada e-jurnal setiap prodi. S2 tesisnya juga harus diupload, terakreditasi nasional. S3 harus menulis jurnal internasional.
“Hal demikian akan mempunyai nilai tambah yaitu pernah menulis jurnal, apalagi dalam bahasa Inggris akan menambah nilai kompetensi. Nanti akan ada pelatihan penulisan artikel dalam bahasa Inggris bagi mahasiswa dan dosen,” tambahnya. (witono)