LEBIH DEKAT DENGAN FISIKA LEWAT KARYA ILMIAH

Giliran scientis muda berkarya. Himpunan Mahasiswa Fisika FMIPA UNY mempersembahkan LKTIF (Lomba Karya Tulis Ilmiah Fisika) dalam serangkaian kegiatan Pekan Ilmiah Fisika 2012. Lomba karya tulis yang diadakan Sabtu lalu. pertama kalinya diselenggarakan di tingkat DIY Jateng. Total peserta yang mendaftar 19 (sembilan belas) kelompok dari SMA/se-derajat se-DIY Jateng.
“Sesuai dengan tema, “Peran Fisika dalam Menyelesaikan Masalah Masyarakat” lomba ini bertujuan agar remaja Indonesia dapat  berlatih untuk peka terhadap berbagai masalah masyrakat dan mampu menyelesaiakanya sesuai dengan konsep Fisika,” ungkap ketua panitia, Fatimah Zahro Azizah.
Sepuluh finalis yang telah lolos tahap seleksi makalah pada hari ini mulai bertanding mempresentasikan makalah yang telah disusun di gedung kuliah FMIPA UNY. Peserta mempresentasikan makalahnya sesuai urutan yang telah diundi sebelumnya. Dalam durasi 10 (sepuluh) menit, peserta harus sudah harus menjelaskan secara rinci isi makalahnya dengan penekanan pada aplikasi penelitiannya dalam bidang Fisika.
Hasil penjurian mendapatkan SMA Kristen Pelita Nusantara Kasih Surakarta sebagai juara 1 dengan judul makalah "Inovasi Detektor Gas dengan Rangkaian Sensor TGS 1812 Sebagai Wujud Kepedulian Terhadap Bahaya Kebocoran Gas di Masyarakat" ,  sementara juara 2 diraih oleh SMAN 6 Yogyakarta dengan judul makalah "Rearview Mirror Safe Square", dan juara 3 diraih oleh SMAN 3 Magelang dengan judul makalah Pembuatan Pupuk Organik dengan Teknologi Biosaptani"
Output dari lomba ini tidak hanya untuk mencetak pemenang saja, namun lebih dari itu. Diharapkan apa yang peserta dapat dari lomba ini menjadi pengalaman belajar sehingga dapat membuka cakrawala kreatifitas dalam mencari solusi masalah kehidupan. (Eva dan Endah/wit)