Program RBM#2 Membantu 500 Siswa Belajar di Masa Pandemi

Kesulitan belajar selama pandemi dialami hampir semua siswa. Walaupun sudah menggunakan  sistem belajar online, tetapi masih banyak siswa yang kesulitan dalam belajarnya.  Kegiatan Relawan Belajar MIPA (RBM)#2 2021 ini merupakan kelanjutan  dari seri pertama yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.
RBM merupakan program yang diinisiasi oleh Departemen Pengabdian Masyarakat  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA UNY yang bertujuan untuk membantu siswa SD hingga SMA sederajat yang mengalami kesulitan belajar selama masa pandemi melalui pengadaan konsultasi mengenai tugas atau materi yang kurang dipahami via Whatsapp. Untuk mata pelajaran yang ditawarkan yaitu ada Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, IPA, dan Bahasa Inggris.
RBM#2 2021 dilaksanakan tiga bulan (September-Desember) dan telah menjangkau partisipasi sebanyak 37 tentor yang merupakan mahasiswa aktif FMIPA UNY dan kurang lebih 500 siswa dari berbagai daerah di Indonesia.
Afanin Ulya' Amirah dari Departemen Pengabdian Masyarakat (PM) BEM FMIPA UNY mengatakan, siswa RBM mengaku merasa sangat terbantu dalam kegiatan belajarnya berkat adanya program ini.
Pada acara penutupan Program RBM yang dilaksanakan secara daring baru-baru ini, para peserta mengungkapkan kesan-kesannya setelah mengikuti program ini. Seperti yang diungkapkan oleh Radian Elok, salah satu siswa RBM dari SMAN 1 Pakem, Yogyakarta. “ Saya merasa senang dan bersyukur karena bisa tergabung dalam grup RBM Kimia kelas 11. Melalui grup tersebut saya menjadi terbantu dalam menyelesaikan soal-soal yang sulit. Disini juga ada kakak-kakak tentor yang baik, ramah, dan super keren. Banyak banget ilmu yang bisa didapatkan dan saya merasa tidak rugi pernah tergabung dalam grup RBM. Terimakasih banyak kepada kakak-kakak tentor, semoga RBM dapat berlanjut terus ke depannya.” Katanya.
Hal senada juga disampaikan oleh Ariefathul sebagai salah satu siswa RBM, “Terimakasih sebesar-besarnya kepada kakak-kakak tentor RBM yang selama satu semester sudah membantu saya dan teman lain dalam kesulitan belajar dengan sabar dan asik. Semoga ilmunya bermanfaat dan sukses terus untuk kakak-kakak tentor semuanya.” ujarnya.  (witono)