LOMBA POSTER DAN SHORT PAPER CONTEST FMIPA UNY BANJIR PEMINAT

FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Lomba Lomba Poster Dan Short Paper Contest  yang dilaksanakan dari 15/12/20 dan pengumuman pemenang dilaksanakan Selasa, 29/12/20 secara virtual. Lomba dengan tema Disaster Risk Reduction (Pengurangan Risiko Bencana)  ini untuk lomba Poster diikuti oleh 92 peserta sedangkan untuk Short Paper diikuti oleh 39 peserta yang terdiri dari 44 perguruan tinggi negeri dan swasta. Untuk sebarannya peserta berasal dari 6 pulau yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, dan Maluku atau diikuti oleh 29 kota/kabupaten  di Indonesia.
Pada acara pengumuman pemenang, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNY, Prof. Dr. Anik Gufron mengatakan bahwa lomba merupakan ajang peningkatan dan pengembangan kompetensi mahasiswa. Semakin banyak mengikuti lomba maka akan bertambah kompetensi mahasiswa.
“Dengan mengikuti lomba ini mahasiswa memperoleh pengalaman, karyanya dilihat orang untuk dinilai untuk peningkatan-peningkatan selanjutnya. Juara tidak hanya terlahir tapi juga dipelajari. Mahasiswa bisa jadi SDM unggul dan Negara menghargai bakat-bakat muda. Karya bisa jadi modal untuk akselerasi dimasa mendatang dan torehan prestasi anak muda tahun 2020”, lanjutnya.
Sementara itu, Dekan FMIPA, Prof. Dr. Ariswan menyampaikan bahwa lomba ini menjadi wahana pembelajaran ditengah pandemi. Ini menjadi wahana pemikiran bagi mahasiswa yang semuanya baik. Dari lomba ini juga menjadi masukan untuk pemikiran kebencanaan bagi penentu kebijakan atau dosen yang terkait dengan mitigasi kebencanaan.
Dekan menambahkan, FMIPA selalu berfikir bagaimana mengantarkan mahasiswa menggapai puncak prestasi. Prestasi merupakan akumulasi prestasi yang selama ini telah diikuti termasuk lomba ini.
Para pemenang lomba poster yaitu juara 1, Basith Alif Wahyujati dari ISI Yogyakarta, juara 2 Wahyu Saefulloh (FMIPA UNY), juara 3, Risky Aulia Naazlita Br S Pelawi (Univ Sumatera Utara). Untuk pemenang favorit yaitu Ani (Universitas Riau), Muhammad Rian Hidayat, dan Indah Sukma Ningsih (Universitas Lampung).
Untuk lomba Short Paper Contest juara 1, Nurul Putri Virginia (FIS UNY), Juara 2, Anggraita Febriana Putri (FMIPA UNY), juara 3, Viska Rinata (Universitas Negeri Malang). Untuk juara favorit  diraih Athi’ Nur Auliati Rahmah (FMIPA UNY), Wahyu Hadining Putri (Universitas Sriwijaya), dan Dewi Jalinan Izzah (Universitas Negeri Malang). (witono)