PELEPASAN KONTINGEN PIMNAS FMIPA UNY

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta melepas para mahasiswa yang akan berkompetisi di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional  (PIMNAS) ke-33, Jumat (20/11/20) di ruang sidang fakultas. Acara Pelepasan Kontingen PIMNAS dihadiri oleh 12 mahasiswa, para pimpinan fakultas, dan pembimbing ormawa.
Dr. Pujianto, Pembina UKM Penelitian UNY melaporkan bahwa tahun 2020 ini 12 mahasiswa FMIPA UNY sebagai finalis PIMNAS ke-33. Total se-UNY ada 21 mahasiswa dan kita masih memegang rekor jumlah mahasiswa. Ada 4 tim yang ketuanya adalah mahasiswa FMIPA. Dan di 2 tim yang lain anggotanya juga ada mahasiswa FMIPA. Ini menjadi motivasi bahwa mahasiswa FMIPA bisa bergabung dengan fakultas yang lain tidak hanya maju sendiri saja. Total se-UNY ada 6 tim yang terdiri dari PKM-KC (FMIPA), PKM-PSH (FIS), PKM-T (FMIPA 2, FT 1), dan PKM-GT (FMIPA).
“Sebenarnya para peserta PIMNAS ini sudah menjadi juara karena sudah menyisihkan ribuan proposal yang lainnya. Untuk pembinaan di FMIPA dilaksanakan tidak hanya di PIMNAS ini tapi sudah kita mulai sosialisasi diawal, seleksi proposal yang melibatkan dosen pendamping kemahasiswaan untuk mereview, kemudian yang sudah didanai diseminarkan dan dibahas,” katanya. 
Dekan FMIPA, Prof. Dr. Ariswan, M.Si.,DEA menuturkan, ke depan di tahun 2021 kita akan menambah jumlah penelitian mahasiswa dari 70 judul menjadi 100 judul. Betapa hebat dosen itu tidak ada artinya jika ujung tombak dari fakultas ini yaitu mahasiswa tidak melahirkan harya-karya yang handal.
“Mahasiswa yang menjadi kontingen PIMNAS ini menjadi inti mahasiswa FMIPA yang sudah melalui proses panjang mulai dari seleksi proposal dll. Kebiasaan yang telah berhasil anda ciptakan pada diri anda harus terus dikembangkan”, lanjut Dekan.
Ariswan mengharapkan 12 mahasiswa ini saling berinteraksi internal untuk membangun kekuatan. Ketika Presentasi itu harus  menampilkan api/energi. Oleh karena itu kuasai benar penelitian tersebut sehingga mampu presentasi secara bergelora, bersemangat sehingga orang melihat anda itu benar-benar menguasai.
Sementara itu, Dr. Ali Mahmudi, Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni menjelaskan bahwa sampai pada tahap ini, para mahasiswa sudah melewati banyak proses yang tentunya bisa menambah kepercayaan diri. Prestasi yang diharapkan bukan hanya medali di PIMNAS, tetapi  prestasi-prestasi yang tidak tampak yang sudah dicapai oleh mahasiswa. Ini akan menjadi bekal tidak hanya ketika studi di UNY tapi menjadi pioner-pioner ditempat masing-masing, menjadi tokoh-tokoh dengan bekal yang didapat untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat.
Ali menambahkan, untuk PIMNAS ke-34 mendatang akan kita siapkan dan yang bersentuhan langsung adalah PKM Center untuk mempersiapkan regenerasi. Para peserta PIMNAS bisa menceritakan kisah-kisahnya kepada adik-adik mahasiswa yuniornya sehingga FMIPA akan terus berprestasi. (witono)