Talkshow Hima Biologi : Seputar Beasiswa PMDSU

Panduan Beasiswa Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) merupakan beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa. Program ini ditempuh dalam kurun waktu empat tahun di perguruan tinggi dalam negeri. Pada batch VI ini program PMDSU menawarkan dua skema yang disesuaikan dengan kebijakan dan terobosan sistem “Merdeka Belajar” dan “Kampus Belajar”, yakni Skema A (PMDSU Saintifik) dan Skema B (PMDSU Industri).” Demikian penjelasan Dita Ariyanti, S.Si., M.Si., dosen Kimia Universitas Pertahanan dalam talkshow beasiswa yang diselenggarakan oleh Hima Biologi pada Sabtu, (31/10/20).
Talkshow Beasiswa merupakan program kerja dari Himpunan Mahasiswa Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan yang diselenggarakan secara daring ini mengangkat tema “Change your Knowledge for a Better Future”. Talkshow diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. 
Ada enam kiat untuk lolos Beasisawa PMDSU, yaitu mempersiapkan diri sebaik mungkin, menghubungi calon promotor, menunjukkan prestasi yang dimiliki, mendaftar pada promotor yang sesuai bidangnya, membuat CV, dan (6) menjalin komunikasi sebaik mungkin dengan dosen.” Sambung penerima PMDSU Batch III ini. 
Tidak hanya itu, Dita juga menjelaskan bahwa untuk mendapatkan Beasiswa PMDSU mahasiswa harus giat dalam mencari informasi selengkap mungkin mengenai bidang studi promotor dan menghubungi promotor yang akan dijadikan sebagai pembibing. Kemudian, pendaftaran beasiswa dilakukan secara paralel (PMDSU serta asal perguruan tinggi) melalui http://beasiswadosen.kemdikbud.go.id/pmdsu. Berkas yang dilampirkan meliputi Scan Ijazah, scan transkip nilai, scan KTP, surat rekomendasi dosen, surat keterangan sehat dan bebas narkoba serta pasfoto. (dian/nurul/witono)