MAHASISWA MATEMATIKA UNY BERHASIL SABET SILVER DAN BRONZE AWARD DALAM AJANG KOMPETISI INTERNASIONAL DI MALACCA

Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta jurusan Pendidikan Matematika yang tergabung pada Orbit Paper berhasil meraih kategori silver award dan kategori bronze award dalam kompetisi International Invention and Innovative Competition (InIIC Series 1/2019) yang dilaksanakan di Mahkota Hotel, Malacca, 27/4/19. 
Dari Jurusan Pendidikan Matematika UNY mengirim 3 tim dengan tim pertama diketuai oleh Dr. Dhoriva Urwatul Wutsqa (Ketua Prodi Statistika) dengan anggota Prihantini, Galuh Estu Nastiti  dan Meri Andar Sari (Matematika) dengan advisor Dr. Hartono membawakan judul Stochastic Model and Analysis of Allocation of Life Insurance Premiums as an Effort in Development Insurance in Indonesia, berhasil menyabet bronze award. 
Tim kedua diketuai oleh Glagah Eskacakra Setyowisnu (Matematika) dengan anggota Eva Cristiyani Br Tarigan, Rohmah Artika, Prihantini Maghfiroh Izza Maulani (Matematika) dan Genta Maulana Musthofa (Pendidikan Matematika) dengan judul Mathematical Model of Malaria in Human Using SIDR Population Compartment with Treatment dan tim ketiga diketuai oleh Aditya Wisnugraha Sugiarto (Matematika) dengan anggota Siti Vera Lestari, Naila Hayu Azizah,  Aan Nur Irsyad (Pendidikan Matematika) serta Prihantini (Matematika) dan advisor Dr. Agus Maman Abadi dengan judul GEOSTIC: Android mathematics Learning Media Application Based on Augmented Reality in the Era Industrial Revolution 4.0 yang berhasil memperoleh Silver award. 
Menurut  Galuh Estu Nastiti, ajang Lomba Internasional tersebut merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Pusat Negara Malaysia bersama dengan MNNF Network Malaysia dan beberapa partner internasioanl yang lainnya. Ajang ini diikuti oleh beberpaa inventor dari berbagai negara ASEAN dimana peserta dikategorikan dalam 4 kelas yaitu Classed A1: Professional Education and Social Science, Classed A2: Preofessional Science, Engineering and Technology, Classed B1: Higher Institution Student (Social Science), B2: Higher Institution Student (Technological Science) dan Classed C: School Students. Tim dari Prodi Matematika tergabung dalam kategori Classed B2 : Higher Institution (Technological Science) dengan spesifikasi invensi dan inovasi merupakan tantangan yang sangat kuat karena banyak sekali peserta dari negara lain yang membawakan karya yang cukup canggih serta sudah berbasis riset lanjutan dan bahkan ada beberapa yang sudah memiliki penghargaan tertentu serta memiliki hak paten.
Galuh menjelaskan, ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan visi dalam menyongsong UNY menuju World Class University dengan memberikan kontribusi kepada Universitas dalam bentuk prestasi, selain itu melalui ini diharapkan dapat mewujudkan salah satu tujuan Orbit Paper sebagai perantara mahasiswa menuju mahasiswa yang kritis dan berprestasi terhadap isu – isu baik dari luar maupun dalam kampus. Melalui Orbit Paper diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk UNY terutama pada mahasiswa Matematika dan memberikan ajang serta mengajak mahasiswa untuk mengikuti berbagai kompetisi melalui sharing informasi yang terkait dan ajang pengembangan prestasi yang lain dan juga untuk memotivasi mahasiswa UNY untuk terus mencapai prestasi.” 
“Lomba  berkonsep exhibition dan presentasi dimana setiap  invensi mendapat  meja dengan juri, sistem presentasi tanya jawab dalam bahasa inggris.  Perangkat yang harus disediakan dalam ajang ini adalah poster, brosur, artikel dan produk invensi.  Juri  dari berbagai negara, berputar mengunjungi setiap meja dan melakukan tanya  dengan inventor. Deskripsi karya, keunggulan produk, implementasi dan perihal paten menjadi pertanyaan wajib juri,” tambahnya. (Titin/witono)