KULIAH UMUM ASSOC PROF MAHANI MOKHTAR DARI UTM MALAYSIA

Untuk menambah wawasan para mahasiswa,  FMIPA UNY menghadirkan Assoc Prof. Dr. Mahani Mokhtar, Director Educational Foundation & Social Science School of Education Faculty of Social Sciences & Humanities Universiti Teknologi Malaysia, Rabu, 13/2/19 dikampus setempat. Pada kesempatan tersebut, Mahani memberikan materi dengan topic Phenomenological Inquiry in Educational Studies.
Mahani menjelaskan, dari fenomena gempa di Palu, Indonesia yang bisa diteliti dalam bidang pendidikan antara lain bagaimana proses pendidikan bisa diteruskan pasca bencana, apa yang dibutuhkan oleh mahasiswa, orangtua, dll. Selain itu, bagaimana memulihkan motivasi untuk sekolah ketika ditinggal orang tua, rumah hilang. Bagaimana pembelajaran setelah sekolahnya musnah.
“Untuk mendapatkan data yang akurat kita tidak  bisa hanya mengandalkan video atau foto kejadian. Lebih baik kita datang untuk wawancara dengan siswa, mendata peralatan sekolah yang rusak, mengamati guru mengajar ketika sekolah rusak. Untuk dokumen yang bisa cek diantaranya bagaimana kehadiran siswanya untuk belajar. Jadi dengan dating lokasi kita bisa mendapatkan data autentik,” lanjutnya. (witono)