JPMMP

Judul dalam bahasa Indonesia

                                                                                              

(Judul dalam bahasa Inggris)

 

 

Nama 1, Nama 2 dan Nama 3

 

*Afiliasi nama 1, tel. …/ faks. …. dan e-mail

 

diterima .........., disetujui ............

 

Abstrak

Uraian abstrak dalam bahasa Indonesia

Kata kunci: ………………

 

Abstract

Uraian abstrak dalam bahasa Inggris

Key words: ………………

 

Pendahuluan

Pendahuluan menjelaskan secara implisit latar belakang masalah, kegunaan dan fungsi, teori yang mendukung, pengembangan masalah penelitian dan menguraikan tujuan yang dikerjakan. Ada 3 hal utama yang penting diungkapkan dalam pendahuluan: pengenalan masalah (problem spesifik yang dipelajari dan penjelasan strategi penelitian), pengembangan latar belakang (diskusi literatur yang sangat relevan saja yang diungkapkan bukan mengung-kapkan suatu review historis yang mendalam, hindari tinjauan literatur secara detail atau ringkasan hasil), pernyataan tujuan dan rasionalisasi (pengungkapan sesuatu yang dikerjakan).

 

Solusi/Teknologi

Solusi/teknologi memuat tawaran berupa solusi/teknologi yang akan diterapkan untuk menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan yang telah ditentukan, prosedur kegiatan, dan hal lain yang berkaitan dengan cara Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Solusi/teknologi mendeskripsikan metode atau prosedur yang digunakan untuk mengarahkan kegiatan PkM.

 

Hasil dan Diskusi

Hasil dan diskusi memuat hasil pelaksanaan PkM, hambatan, dan alternatif yang diterapkan untuk mengatasi hambatan selama PkP. Hasil dinyatakan dengan jelas dan ringkas yang merupakan laporan hasil yang ditemukan dan diikuti interprestasi dan diskusi dari implikasi hasil penelitian tersebut. Hindari sitiran pustaka secara berlebihan dari hasil diskusi literatur yang telah dipublikasikan. Sitiran pustaka digunakan sebagai pembanding hasil penelitian. Hindari polemik, keremehan (triviality), perbandingan teori yang lemah dan spekulasi yang berdasar lemah. Spekulasi hanya dapat dilakukan jika: teridentifikasi begitu adanya, terhubung secara erat dan logis pada data empirik atau teori, dan terungkap secara akurat dan jelas.

 

Kesimpulan

Kesimpulan mengungkapkan hal yang lebih tinggi atau luas dari diskusi. Hendaknya dalam bagian ini terkandung penarikan kesimpulan dan perampatan yang meluas, serta pencetusan teori, konsep, prinsip baru secara mapan daripada kesimpulan dangkal dan saran yang menyatakan kegiatan PkM yang perlu dilanjutkan.

 

 

Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih diberikan kepada orang atau lembaga yang berkaitan langsung dengan kegiatan PkM.

 

Pustaka

 

[1].        A.

[2].        B.

[3].        C.

[4].        D.

[5].        E.