KPB BIONIC UNY LAKUKAN PENGAMATAN BURUNG RAPTOR

Bertepatan dengan Hari Puspa dan Satwa Nasional yang diperingati pada tanggal 5 November 2016 kemarin, Kelompok Pengamat Burung Bionic Universitas Negeri Yogyakarta (KPB Bionic UNY) melaksanakan kegiatan pengamatan burung raptor migran. Kegiatan pengamatan burung raptor migran ini dilaksanakan di Bukit Jarum yang berada di dekat Museum Ulen Sentalu.
Pengamatan Burung Raptor merupakan salah satu program kerja bidang operasional. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota KPB Bionic UNY dalam mengeksplorasi kelompok burung raptor dan meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan, terutama burung dan habitatnya.
Ulfia Nurul Khikmah selaku penanggung jawab menyatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 16 orang. Kebanyakan memang dari Prodi Pendidikan Biologi tetapi ada juga yang berasal dari Prodi Pendidikan IPA dan Prodi Pendidikan Kimia. Selain itu ada satu perwakilan dari UNNES. Beberapa anggota berhalangan hadir karena mengikuti kegiatan Biologi Mengajar di SMP PGRI Semanu.
Dari hasil diskusi, kegiatan pengamatan burung di Bukit Jarum, Kaliurang berhasil mengamati 18 jenis burung. Lima jenis diantaranya adalah raptor yaitu Sikep-madu asia, Elang-Ular Bido, Elang-Alap Cina, Elang-Alap Nipon dan Alap-Alap Sapi. Selain burung raptor, beberapa jenis burung juga teramati dengan jumlah yang lumayan banyak seperti Jalak Cina, Perling Kumbang, Layang-Layang Asia dan Kapinis Laut.
Kegiatan KPB Bionic UNY selanjutnya di minggu ini adalah pengamatan burung pantai. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anggota KPB Bionic UNY dalam mengeksplorasi burung-burung pantai baik yang penetap maupun migran. (Aghnan)