TIGA TIM PKM FMIPA LOLOS PIMNAS 2016

Sebanyak 3 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari FMIPA UNY berhasil lolos untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-29 tahun 2016 yang akan diselenggarakan pada 7-12 Agustus 2016 mendatang di Institut Pertanian Bogor. Tim yang lolos yaitu tim PKM Penelitian Eksakta (PKMPE) dengan judul Struktur Komunitas Mesofauna Tanah dan Makrofauna Tanah di Gua Groda, Ponjong, Gunung  Kidul. Tim terdiri dari Andi Prasetyo, Ulfa Yulia Rochmah, Esa Chorik Darwanti, Rini Winarti, dan Safina Audiati Afiar dengan pembimbing Dr. Tien Aminatun, M.Si.
Tim kedua yang lolos juga dari PKMPE dengan judul Sintesis Dihidropirimidinon Melalui Reaksi Siklokondensasi Bigenelli sebagai Larvasida Nyamuk Aedes Aegypti dengan tim terdiri Handy Riantana, Aldilia Putri Widiastuti, Nur Khotimah, dan Zulfa Qurrata A’yun dengan dosen pembimbing Dr. Cahyorini Kusumawardani, M.Si.
Sedangkan Tim ketiga adalah  PKM Pengabdian masyarakat (PKMM) yang diketuai oleh Mariana Ramelan. Judul penelitiannya yaitu Tirakat (Pelatihan Merajut Kreatif) sebagai usaha Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Korban Terdampak Erupsi Merapi untuk Menambah Pendapatan di Huntap Mandiri Pagerjurang, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Anggota tim terdiri Yudita Rasma Aminati, Maryatul Qibtiyah, Annisa Fatma Palupi, dan Dwi Kawuryani, dengan pembimbing Pujianto, M.Pd.
Wakil Dekan III FMIPA, Suhandoyo MS, mengatakan, kelolosan tim PKM FMIPA untuk berlomba di PIMNAS sudah merupakan tradisi yang harus dipertahankan dan perlu ditingkatkan. Kita ingin tradisi mahasiswa FMIPA menyumbangkan medali di ajang PIMNAS terus terjaga untuk mengharumkan UNY di kancah nasional. (witono)