Kesan Positif Dari Mahasiswa Sit In UPM

Setelah selama 10 hari melakukan sit in di FMIPA UNY, sebanyak 50 mahasiswa dari Universiti Putra Malaysia (UPM) berpamitan pada acara Malam Budaya dan Penutupan  Program Sit in, baru-baru ini di ruang sidang fakultas. Para mahasiswa tersebut kuliah di Jurusan Pendidikan (jurdik) Fisika 35 orang, jurdik Biologi (6), dan jurdik Kimia (9). Acara penutupan dimeriahkan oleh gelar budaya oleh mahasiswa UPM dan mahasiswa FMIPA UNY. 
Pada kesempatan tersebut, Nor Aisyah, perwakilan mahasiswa UPM mengatakan bahwa ia dan teman – temannya merasa sangat senang dan mendapatkan pengalaman berharga selama mengikuti program sit-in di FMIPA UNY. Kami juga dapat lebih  mengenal budaya Indonesia melalui program ini.  Selama 10 hari kami mengikuti kuliah di FMIPA dan melakukan studi ekskursi ke beberapa obyek seperti pantai Parangtritis, Museum Fosil Sangiran, Lava Tour Gunung Merapi, dll.
Menurutnya, teman-teman mahasiswa dan sivitas akademika UNY sangatlah ramah dan memberikan pelayanan  dengan baik terkait kunjungan mereka. Aisyah menambahkan bahwa proses perkuliahan juga sangat menarik dan interaktif. Dosennya juga mau diajak berdialog walaupun bukan di dalam kelas. Ia berharap kegiatan semacam ini dapat terus berlangsung di masa yang akan datang. 
Sementara itu Dekan FMIPA, Dr. Hartono menuturkan bahwa beliau sangat mengapresiasi kedatangan mahasiswa UPM. Program kerjasama ini harus terus berlanjut sehingga anggota Negara ASEAN terutama Indonesia-Malaysia dapat terus meningkatkan rasa persaudaraan dalam era MEA. 
Pertukaran mahasiswa dan budaya ini sangat bermanfaat karena mampu meningkatkan rasa toleransi, saling menghargai, dan memperkokoh hubungan bilateral kedua universitas pada khususnya dan kedua negara pada umumnya. (silva&witono)