Mahasiswa FMIPA UNY Menjadi Pemakalah IPCSM DI Malaysia

Tim dari FMIPA UNY berhasil menjadi pemakalah internasional dalam acara 2nd International Postgraduate Conference on Science and Mathematics (IPCSM) di Universiti Pendidikan Sultan Idris di Tanjong Malim, Malaysia, baru-baru ini. Tim yang terdiri dari Rita Suryani (Pendidikan Matematika 2012), Mariana Ramelan (Pendidikan Matematika Inter 2013) , dan Nurul Hidayah (Pendidikan Biologi 2011) mengusung paper dengan judul “Fermathwan (Fun Learning Mathematics With Punakawan): Innovation Learning Mathematics Based On Character And Culture In Indonesia”.
Mariana, dalam keterangannya menjelaskan, inti dari paper itu adalah Fermathwan sebagai  metode pembelajaran matematika yang inovatif dan berkarakter. Fermatwan  ini menggabungkan antara pendidikan dan budaya.  Disini pembelajaran matematika di kombinasikan dengan wayang (Punakawan) dengan tujuan agar siswa lebih tertarik untuk belajar matematika dan mudah memahami materi matematika yang sering dianggap sulit.
Langkah-langkah dalam mengimplementasikannya yaitu guru memberikan apresiasi dan motivasi, pembentukan kelompok, penyusunan sekenario, pembuatan Wayang Punakawan,  presentasi dan diskusi, menyimak dan merefleksikan, serta  guru mengevaluasi dan menguatkan konsep matematika siswa.
Ditambahkan, keunggulan media pembelajaran Fermathwan ini, lanjut Mariana, antara lain, menjadikan pelajaran matematika menarik, kreatif, berkarakter, dan menyenangkan, menumbuhkan rasa cinta kebudayaan, mengajarkan siswa untuk bermain peran dan bekerja sama, serta student oriented.
Konferensi internasional tersebut diikuti beberapa negara antara lain Malaysia, Indonesia, India, dan lain-lain. Konferensi tersebut berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 18 dan 19 oktober 2014. Keynote speaker dalam acara tersebut yaitu Prof. Keiji Sasaki  dari Universitas Hokkaido dari Jepang dengan judul materi Micro- and Nano- manipulation Using Optical and Plasmonic Forces. dan Prof. Dr. Lilia Halim  dari Universitas Negeri Malaysia dengan judul materi Science Education and Developmentof Scientific Literate Society. (mariana/witono)