FMIPA UNY Gelar Seminar Hasil Penelitian dan PPM

Sebanyak 49 hasil penelitian dan 34 Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) FMIPA UNY tahun 2014 yang dibiayai dari dana fakultas diseminarkan ruang sidang fakultas. Seminar dilaksanakan Jumat, 21/11/14 diikuti oleh para dosen yang memperoleh dana penelitian. Rincian sebaran penelitian yaitu Jurusan Pendidikan (Jurdik) Matematika 11, Jurdik Fisika (13), Jurdik Kimia (13), Jurdik Biologi (12). Selain itu juga diseminarkan penelitian Lesson Study sebanyak 9 judul. Sedangkan untuk PPM, sebarannya yaitu Jurdik Matematika 8, Jurdik Fisika (6), Prodi IPA (1), Jurdik Kimia (8), Jurdik Biologi (11)
Dalam sambutannya, Dekan FMIPA, Dr. Hartono mengatakan bahwa di FMIPA sudah sepakat akan ditulis pada jurnal yang ada di FMIPA yaitu Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains (JPMS) atau Jurnal Sains Dasar (JSD). Untuk JSD akan diproses untuk menjadi jurnal online, sehingga memudahkan para peneliti untuk memasukkan karyanya ke JSD.
Pada penelitian ini, lanjut Dekan, laporan atau minimal halaman pengesahan atau kontraknya disimpan nanti bisa digunakan sebagai lampiran pada saat untuk menurunkan tunjangan sertifikasi. Karena nanati untuk bulan Januari 2015 dan seterusnya, lampirannya baru lagi. Karena penelitian dan PPM berlakunya 2 tahun maka bisa dilampirkan. Jadi Penelitian dan PPM, lampiran wajib ada untuk seertifikasi.
“Untuk pemetakan bidang keahlian dosen akan kita perbaharui lagi yang intinya kita akan membentuk Kelompok Bidang Keahlian (KBK). Ke depan dana penelitian dari fakultas akan kita bantukan kepada KBK. Harapannya nanti masing-masing KBK membuat penelitian yang bisa memayungi untuk skripsi mahasiswa. Penelitian juga untuk mengembangkan KBK masing-masing, karena ke depan demikian juga terkait dengan prodi, prodi nanti juga akan terisi KBK-KBK yang sudah ada,” jelas Hartono.
Setelah acara pembukaan, acara dilanjutkan dengan seminar perprodi yang dilaksanakan secara terpisah. (witono)