Dialog Akademik FMIPA UNY Dengan FKIP UNISSULA

FMIPA UNY menerima kunjungan dari FKIP Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Selasa, 19/11/13. Tamu dari UNISSULA  terdiri dari Kaprodi Pendidikan Matematika, Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd., dan lima orang dosen Jurusan Pendidikan Matematika. Rombongan diterima di ruang sidang FMIPA oleh Wakil Dekan (WD) I, Dr. Suyanta, WD 2, Juli Astono, M.Si., WD III, Suhandoyo, MS, Ketua Jurusan Pendidikan Matematika, Dr. Sugiman, dan Koorprodi Pendidikan Matematika, Dr. Ali Mahmudi.
Dalam sambutannya Imam mengatakan, Prodi Matematika di FKIP UNISSULA masih baru yaitu berusia 3 tahun. Walaupun baru, ternyata prodi tersebut sudah diminati oleh masyarakat. Hal ini mungkin terkait dengan sertifikasi guru, sehingga masyarakat menaruh minat terhadap profesi guru.
“Walaupun begitu, kami masih perlu menimba ilmu ke FMIPA UNY. Kami akan belajar dari universitas yang sudah mapan. Apalagi pada awal tahun depan akan ada visitasi akreditasi terhadap prodi kami, sehingga perlu persiapan-persiapan,” lanjut Imam.
Sementara itu WD I, Dr. Suyanta mengatakan, dalam menuju World Class University (WCU), FMIPA memperbanyak kerjasama dengan universitas di luar negeri, diantaranya Malaysia, Singapura, dan Thailand. Setiap tahun kita mengirimkan mahasiswa untuk kuliah disana.
Menurut Suyanta, animo masyarakat untuk masuk ke Jurusan Pendidikan Matematika UNY begitu tinggi yaitu 1:35, sehingga keketatan sangat tinggi. Bahkan di FMIPA UNY, Jurusan Pendidikan Matematika adalah yang paling tinggi peminatnya.
Sampai saat ini pendidikan masih perlu pembenahan, terutama masalah kekurangan guru di luar Jawa. Dulu banyak orang dari Jawa yang menjadi guru disana, tapi lama-kelamaan dengan berbagai alasan mereka pulang ke Jawa, sehingga kekurangan guru diluar Jawa bertambah parah.
Tapi sekarang Pemerintah Daerah sudah membuat perubahan dengan mengirimkan putra daerahnya untuk dididik di UNY, sehingga eksodus guru-guru daerah yang ‘pulang kampung’ dapat ditekan dan daerah tersebut tercukupi jumlah gurunya. (witono)