Peran Fisika Dalam Percepatan Pembangunan Ekonomi

Fisika menyumbangkan peran terutama dalam persiapan guru dan calon guru fisika yang mendukung Masterplan untuk Percepatan dan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Untuk bisa mendukung MP3EI, diperlukan suksesi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
Demikian dipaparkan Prof. Dr. Paul Suparno, S.J. (Guru Besar Fisika USD), dalam Seminar Nasional Fisika yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Fisika  FMIPA UNY, belum lama ini di ruang sidang FMIPA. Seminar dengan tema Peran Fisika dan Pendidikan Fisika dalam Suksesi Program Masterplan untuk Percepatan dan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) Menuju Indonesia Mandiri ini dihadiri sekitar 300 peserta.
Lanjut Paul, seorang calon guru fisika (level 6) harus memenuhi 4 kompetensi yaitu kompetensi profesional, pedagogic, personal dan sosial. Untuk dapat berperan dalam keberhasilan MP3EI, para guru fisika harus mengajrkan fisika secara benar dan menyenangkan”.
Pembicara lain, Prof. Lilik Hendrajaya, Ph. D (Guru Besar Fisika Bumi ITB) menekankan agar dibangun prodi S1 bidang strategis di koridor ekonomi MP3EI. “Be Excellent”. Itulah yang selalu beliau katakan  untuk membangun semangat handal dalam pembangunan ekonomi. “Jangan malas dan tidak boleh sakit”.
Beliau menuturkan bahwa dalam pembelajaran fisika, kita harus mengembalikannya pada konsep dasar yang kontekstual, karena kita hidup dalam fisika. (witono)