Mahasiswa KKN UNY Gelar Festival Ramadhan di Jolosutro Bantul

Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang tergabung dalam Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Dusun Jolosutro Kabupaten Bantul menyelenggarakan Festival Ramadhan antar Madrasah, Jumat (26/07). Kegiatan ini bekerjasama dengan Remaja Islam Masjid (RISMA) Sunan Geseng Bantul dan diikuti beberapa madrasah di Jolosutro, yaitu madrasah Ammal, madrasah Al Ishlah, madrasah Darussalam, dan madrasah Hammas.  Festival Ramadhan terdiri dari berbagai perlombaan keagamaan diantaranya lomba adzan, lomba kaligrafi, lomba mewarnai, lomba gerakan sholat dan hafalan doa, serta acara puncak berupa Lomba Cerdas Cermat Agama (CCA).
Riswan, Ketua Panitia, Mahasiswa KKN UNY, mengatakan, KKN masyarakat merupakan bagian dari kegiatan KKN-PPL UNY. Selain melakukan Program Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah,  mahasiswa juga melakukan kegiatan KKN di masyarakat sekitar sekolah. Sejak penerjunan 1 Juli yang lalu sampai 16 September 2013 yang akan datang, mahasiswa tinggal di lokasi dan berinteraksi langsung dengan masyarakat. Dari kegiatan ini diharapkan mampu mencari bibit unggul serta menyemarakkkan Ramadhan dengan kegiatan yang edukatif dan bermanfaat.
Sementara itu Riris Riezqia, mahasiswa KKN Pendidikan IPA. Menjelaskan, kegiatan KKN masyarakat ini merupakan bagian dari kegiatan KKN-PPL di SMP Negeri 1 Piyungan. Kami memilih Dusun Jolosutro karena potensial untuk dikembangkan dan diberdayakan menjadi desa yang unggul. Antusias masyarakat cukup tinggi untuk maju.
Dusun Jolosutro merupakan salah satu daerah di kawasan Bantul yang berada di lereng Bukit Pathuk. Dusun Jolosutro berada sekitar 45 Km sebelah timur pusat kota Bantul dan berbatasan darat dengan Kabupaten Gunungkidul. Dusun ini memiliki lokasi wisata sejarah makam Sunan Geseng, tokoh penyebar Islam yang merupakan murid Sunan Kalijaga.
Juara dalam kegiatan ini yaitu Afrizal (hafal doa dan kaligrafi), Kiki Pamungkas (lomba mewarnai), Ilham (Adzan), Madrasah Ammal (gerakan sholat), dan Madrasah Hammas (lomba CCA).  (ary/witono)