Mahasiswa FMIPA UNY Raih Dana Penelitian Dari Indofood

Mahasiswa Prodi Kimia FMIPA UNY, Arry Darmawan mendapatkan dana penelitian dari PT Indofood Sukses Makmur Tbk., sebesar Rp 6.000.000,- melalui Program Indofood Riset Nugraha (IRN) periode 2013-2014. Tema program IRN tahun ini adalah Penganekaragaman Pangan Melalui Pemanfaatan Aneka Tepung Komposit, dengan Memaksimalkan Komoditas Lokal. Penelitian yang didanai berjudul Aplikasi Kultur Bakteri Asam Laktat ( L Plantarum dan L Fermentum ) pada Pembuatan Bubur Instan Terfermentasi yang Terbuat dari Bonggol Pisang dan Jagung Kuning ( Zea Mays )
Indofood Riset Nugraha merupakan program pemberian bantuan dana penelitian (research fund) bagi kalangan akademisi (mahasiswa, dosen dan peneliti) untuk memacu lahirnya riset – riset unggul di bidang penganekaragaman pangan dalam kerangka turut membangun ketahanan pangan nasional. Namun pada tahun 2013 Indofood Riset Nugraha hanya memfokuskan untuk penelitian mahasiswa S1 dari berbagai jurusan sesuai dengan bidang ilmu yang akan dikaji.
Adapun bidang ilmu yang dikaji antara lain teknologi pengolahan pangan dan gizi masyarakat, sosial ekonomi dan budaya, budidaya pertanian dan peternakan. Sebanyak 51 proposal penelitian bidang pangan karya mahasiswa S1, memperoleh bantuan dana penelitian dengan total Rp1,65 miliar, dari PT Indofood Sukses Makmur Tbk. melalui Program Indofood Riset Nugraha (IRN) periode 2013-2014. Penelitian yang terpilih ini berasal dari 22 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta di Indonesia.
Arry mengatakan, dengan mendapat dana penelitian, saya akan melaksanakan penelitian yang sebaik-baiknya. Selain untuk skripsi, tentunya penelitian ini dapat memperkaya penelitian komoditas lokal dan dapat diaplikasikan untuk kepentingan masyarakat. (witono)