Rumah Susun Lele Mahasiswa UNY Raih Hibah Dikti Rp 50.000.000,-

Mahasiswa UNY kembali menorehkan prestasi dengan meraih Hibah Bina Desa (PHBD) setelah proposal disetujui Dikti sebesar Rp 50.000.000,-. Para mahasiswa tersebut yaitu Miftahudin Nur Ihsan, Arry Darmawan, Desiana Nur Fajari dari Prodi Pendidikan Kimia, Anang Prasetyo, Rahmat Widadi dari Prodi Pendidikan Teknik Elektronika. Proposal berjudul Rusle (Rumah Susun Lele) Sebagai Media Pembesaran Lele Dengan Sistem Pakan Otomatis Berbasis Atmega8 Yang Berguna Untuk Mendukung Technopreneurship Di Desa Tamanan, Banguntapan, Bantul, D.I. Yogyakarta, ini merupakan salah satu dari 75 proposal dari berbagai universitas se-Indonesia yang didanai Dikti.
Dikatakan Ihsan, Kecamatan Banguntapan adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Bantul yang berada di dataran rendah. Sebagian besar penduduk Kecamatan Banguntapan adalah petani. Seiring dengan penurunan lahan pertanian menjadi tanah non pertanian, membuat sebagian masyarakat kehilangan mata pencaharian. Jika dilihat dari sektor lain, terutama sektor perikanan, lahan di daerah ini memiliki potensi yang baik karena memiliki saluran air yang memadai. Kondisi alam juga memungkinkan  dimanfaatkan untuk kegiatan perikanan. Kegiatan perikanan ini dapat membantu masyarakat setempat mengatasi masalah hilangnya mata pencaharian dan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka. Sektor perikanan yang memiliki prospek tinggi adalah budidaya ikan lele.
Dalam sistem pembesaran, permasalahan yang sering dihadapi oleh beberapa petani pembesar ikan lele ini adalah hasil produksi yang tidak sesuai dengan permintaan konsumen dan permasalahan nilai kuantiti yang di dapatkan dari terbatasnya lahan kolam lele, dengan adanya teknologi RUSLE (Rumah Susun Lele) ini diharapkan mampu memberikan nilai lebih dalam perkembangan petani pembesar lele dengan bertambahnya jumlah produksi yang dihasilkan dengan lahan terbatas.
Sistem pembesaran lele dengan kolam bertingkat adalah sistem pembesaran lele dengan memanfaatkan teknologi elektronika dan ilmu sipil. Sebagaimana disebut kolam bertingkat, maka pada sistem ini kolam dibuat bertingkat seperti rumah susun. Bahan kolam adalah fiber yang berbentuk lingkaran, dan memiliki pondasi dari logam anti karat.Kolam bertingkat memiliki kelebihan yaitu akan menambah padat tebar bagi pembesar lele serta memiliki sistem pakan otomatis sehinggaakan memudahkan seorang pengguna untuk membesarkan lele nya. Selain itu dengan adanya teknologi RUSLE ini, diharapkan mampu memberikan nilai lebih dalam peningkatan pendapatan dan penghasilan petani pembesar lele secara efisien dan efektif, dengan bertambahnya jumlah produksi yang dihasilkan dari lahan terbatas.
Alat tersebut berbasis ATMega8 berfungsi sebagai timer yang dapat diatur sebagai pewaktuan otomatis pemberian pakan pada kolam ikan. Pertama-tama alat harus di set “Date” dan “Time” berfungsi untuk menunjukkan hari dan tanggal, sedangkan time berfungsi untuk mengatur waku dan delay kerja alat yang diinginkan dan berapa kali alat akan bekerja dalam 1 harinya. Ketika jam sudah menunjukkan sesuai dengan waktu yang di set untuk kerja alat maka, alat akan memfungsikan motor pengerak yang akan membuka lubang saluran yang mengalirkan makanan pada kolam ikan. Lubang saluran akan tetap terbuka selama waktu delay yang telah di set oleh penguna, setelah itu alat akan memberikan sinyal yang menfungsikan motor untuk membali menutup lubang saluran pakan ikan. Alat tersebut akan berfungsi ulang pada waktu yang sama apabila pengguna tidak merubah setting pewaktuannya.
Cara Kerja Alat Pakan Otomatis Alat tersebut berbasis ATMega8berfungsi sebagai timer yang dapat diatur sebagai pewaktuan otomatis pemberian pakan pada kolam ikan. Pertama-tama alat harus di set “Date” dan “Time” berfungsi untuk menunjukkan hari dan tanggal, sedangkan time berfungsi untuk mengatur waku dan delay kerja alat yang diinginkan dan berapa kali alat akan bekerja dalam 1 harinya. Ketika jam sudah menunjukkan sesuai dengan waktu yang di set untuk kerja alat maka, alat akan memfungsikan motor pengerak yang akan membuka lubang saluran yang mengalirkan makanan pada kolam ikan. Lubang saluran akan tetap terbuka selama waktu delay yang telah di set oleh penguna, setelah itu alat akan memberikan sinyal yang menfungsikan motor untuk membali menutup lubang saluran pakan ikan. Alat tersebut akan berfungsi ulang pada waktu yang sama apabila pengguna tidak merubah setting pewaktuannya. (witono)