PERKUAT MENTAL BERORGANISASI DENGAN OUTBOND

Untuk lebih membangun kekompakan diantara pengurus ormawa FMIPA dan memberikan pengetahuan manajemen organisasi, maka bidang kemahasiswaan FMIPA UNY menyelenggarakan acara Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD), baru-baru ini. Selain ceramah dan praktik, ada acara outbond yang dibimbing oleh Sabar Nurohman, M.Pd.
Outbond yang dilaksanakan di halaman gedung dekanat terdiri atas dua permainan yaitu berlari sambil dribel bola yang areanya dibatasi dengan tali sambil mengenakan jaket, sarung, slayer, dan helm. Tim terbagi atas 10 regu dan tiap regu terdiri 4 orang. Permainan kedua yaitu permainan tali, yaitu tiap tim membentuk bidang tertentu seperti segitiga, segiempat, dll. Tiga orang ditutup matanya dan yang satu tidak tertutup yang fungsinya adalah untuk memberi komando teman-teman yang ditutup matanya.
Disela-sela acara Sabar mengatakan, dari permainan pertama, ada nilai yang bisa kita ambil manfaatnya diantaranya para mahasiswa berlatih untuk berhati-hati, dan banyak tantangannya. Selain itu juga bagaimana membangun mental tidak mudah menyerah dan berjuang sampai akhir. Seperti halnya dalam berorganisasi pasti mengalami jalan yang tidak mulus. Jika tidak punya sikap mental yang bagus maka kegiatan dalam organisasi akan sulit terlaksana.
Pada permainan kedua, memberikan pengertian kepada mahasiswa tentang kepemimpinan, dan komunikasi. DIpermainan ini jika sang pemimpin mampu memberikan instruksi  dan berkomunikasi dengan baik kepada teman-temannya maka tim tersebut mampu membentuk formasi dengan tepat dan cepat. Sesama mahasiswa  apalagi pengurus ormawa perlu saling mengenal. Jangan hanya nama, tapi juga kultur, latar belakang ekonomi, dll untuk bekal dalam bergaul. (witono)