MENINGKAT, KEGIATAN MAHASISWA YANG BERSIFAT AKTUALISASI DIRI

Akhir-akhir ini tampak adanya kecenderungan semakin meningkatnya kegiatan-kegiatan mahasiswa yang bersifat sebagai aktualisasi diri dan mengarah ke peningkatan kompetensi menjadi manager kegiatan seperti pameran, pentas seni, diklat, lomba-lomba, srawung ilmiah, dsb.
Demikian dipaparkan Eko Widodo, M.Pd., dosen Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY yang disampaikan pada acara Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD), 5-6/4 di kampus setempat. LKMM-TD diikuti 60 mahasiswa pengurus Ormawa.
Dikatakan, fenomena yang menggembirakan ini semoga dapat menjadi suatu indikator meningkatnya perhatian dan minat mahasiswa terhadap kegiatan manajemen organisasi. Hal ini kemungkinan dilatarbelakangi oleh meningkatnya kesadaran bahwa kemampuan mengelola kegiatan merupakan suatu kebutuhan bagi kalangan mahasiswa.
“Selain itu mengelola kegiatan merupakan langkah untuk mewujudkan keinginan dan cara untuk mengaktualisasikan diri pada komunitasnya. Manfaat peningkatan kompetensi menjadi manajer kegiatan, selain hasil dari kegiatan baik dalam bentuk barang atau jasa, tak kalah pentingnya adalah proses dalam mengelola kegiatan itu sendiri yang akan memberikan implikasi pada pembentukan sikap mental pada pribadi mahasiswa,” lanjutnya.
Ditambahkan, proses mengelola kegiatan diharapkan dapat menginternal dan mengkristal dalam sikap dan kepribadian mahasiswa sehingga dalam menghadapi setiap permasalahan selalu dipecahkan dengan pendekatan manajemen yang baik. Oleh karena itu kegiatan mengelola kegiatan perlu ditumbuh suburkan di lingkungan kampus dan ditindaklanjuti untuk menumbuhkan iklim manajemen. (witono)