VISITASI SERTIFIKASI AUN-QA 4 PRODI DI UNY

Sebanyak 4 prodi di UNY yaitu Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Kimia dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Prodi Pendidikan Teknik Elektro, Prodi Pendidikan Teknik Elektronika dari Fakultas Teknik mengikuti visitasi sertifikasi internasional dari ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA), Selasa-Kamis (21-23/1/20) di ruang Pascasarjana UNY. AUN-QA sebagai salah satu bentuk penilaian terhadap mutu program studi lebih menekankan pada self assessment melalui penyusunan Self-Assesment Report (SAR).

Hadir sebagai asesor yaitu Ms. Ing-orn Jeerararuensak (AUN-QA Secretariat), Ms. Nisanat Watthayu (AUN-QA Secretariat), Assoc. Prof. Dr. Kamolwan Lueprasert (King Mongkut's University of Technology North Bangkok), Assoc. Prof. Dr. Vongdeuan OSAY (National University of Laos), Prof. Wan Ahmad Kamil Mahmood, PhD (Universiti Sains Malaysia), Dr. Dhiyathad Prateeppornnarong (National Institute of Development Administration), Assoc. Prof. Chavalit Wongse-ek (Mahidol University Thailand), Assoc. Prof. Dr. Mohd Nizam Ab Rahman (Universiti Kebangsaan Malaysia), Dr. Veerades Panvisavas (Mahidol University Thailand), Assoc. Prof. Dr. Brian Canlas Gozun (De La Salle University Philippines).

Sedangkan dari UNY hadir Rektor Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, Wakil Rektor untuk Urusan Akademik, Wakil Rektor untuk Urusan Keuangan ,Wakil Rektor untuk Mahasiswa dan Alumni, Wakil Rektor untuk Kemitraan dan Perencanaan, Dekan FMIPA, Dekan FT, Direktur Sekolah Pascasarjana, Ketua LPMPP, dan para Ketua Program Studi.

Dalam sambutannya, Sutrisna Wibawa mengatakan UNY memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan kualitas untuk menjadi salah satu universitas terkemuka di dunia. Salah satu komitmen ialah dengan meningkatkan jumlah program studi dengan pengakuan dan standar internasional, yaitu dengan memiliki program studi yang terakreditasi oleh lembaga akreditasi internasional, antara lain adalah AUN-QA.

“Saat ini, kami memiliki empat program studi dari dua fakultas yang siap untuk dinilai. Kami telah melakukan yang terbaik untuk mempersiapkan penilaian hari ini dan berharap mereka akan mendapat penilaian yang baik dari Penilai AUN-QA,” harap Rektor.

Kegiatan di hari pertama adalah pembukaan, wawancara pada level universitas, kunjungan ke fasilitas di UNY serta kunjungan ke laboratorium di FMIPA dan FT. Selanjutnya adalah wawancara/pertemuan dengan pengurus jurusan/dosen dilanjutkan pertemuan dengan tendik. Hari kedua dilaksanakan pertemuan dengan para mahasiswa, alumni, perusahaan pengguna. Sedangkan pada hari ketiga dilaksanakan presentasi hasil penilaian oleh tim asesor, dan penutupan. (witono)