Sosialisasi Besiswa Bagi Lulusan FMIPA UNY

Para lulusan FMIPA UNY mengikuti sosialisasi beasiswa  Lembaga Pengelola Dana Pendidikan  (LPDP), baru-baru ini di ruang sidang fakultas. Sosialisasi disampaikan oleh alumni FMIPA UNY  yaitu Yulia Linguistika, yang memperoleh beasiswa LPDP ke University of Adelaide Australia. 
Dalam penjelasannya Yulia memberikan tips dan trik untuk menembus beasiswa LPDP. Yang pertama adalah meluruskan niat. Kita S2 apa tujuannya, apakah mau memperbaiki pendidikan di Indonesia, meningkatkan mutu guru-guru,  mau jadi peneliti, atau yang lainnya.
“Yang kedua yaitu menyiapkan curriculum vitae (CV). Jadi track record mulai semester I, dari ospek sampai sekarang jangan dibuang tapi dikumpulkan, dicatat.   Itu akan jadi pertimbangan oleh yang akan memberi beasiswa. CV nanti sudah ada formatnya”, lanjut. 
Selanjutnya adalah personal statement, ini biasanya diminta oleh universitas. Untuk mendaftar beasiswa LPDP ada 2 kemungkinan yaitu kita belum dapat universitas dan kita sudah dapat universitas.  Persiapkanlah personal statement ini dengan baik karena ini menjadi dasar kita besok akan berbuat apa, ketika belajar apa yang ingin didapatkan.
Yang keempat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Tips selanjutnya adalah rekomendasi dari dosen. Ini pentingnya menjalin hubungan baik dengan dosen. Rekomendasi dari dosen sangat bermanfaat bagi kita yang akan mendaftar beasiswa. Dari universitas juga meminta surat rekomendasi dari supervisor, pembimbing akademik, atau pembimbing skripsi.
Yulia mengingatkan, perlu diperhatikan bagi yang ingin mendaftar beasiswa ke luar negeri, bahwa Toefl ITP sudah jarang dipakai di luar negeri. Toefl ITP masih diterima di LPDP, tetapi negara-negara seperti Eropa, Australia, dan Amerika sudah tidak menerima Toefl ITP. Yang diterima adalah Toefl Internasional yaitu, Toefl IBT dan IELTS.
“Kita harus mengupdate tentang universitas yang akan dituju. Jangan sampai kita disalahkan oleh pihak pemberi beasiswa karena kita lalai tanggal-tanggal penting seperti tanggal pendaftaran, dll,”  terang lulusan Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY ini. (witono)