Smartphone Sarana Pembelajaran IPA yang Menyenangkan

Mahasiswa Magister Pendidikan Fisika FMIPA UNY yang terdiri atas Febriani, Afif Oktavia Putri Sakti, dan Rizki Zakwandi berkolaborasi dengan Mahasiswa Magister Pendidikan Dasar FIP UNY yang terdiri atas Nada Savitri Nawangsari dan Albi Anggito dibawah bimbingan Irvany Nurita Pebriana, M.Pd. dan Dr. Pratiwi Puji Astuti, M.Pd. mengembangkan media audio-visual karaoke GEJAYAN (Gerakan Belajar Menyenangkan) dalam pembelajaran tematik muatan IPA untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa kelas II Sekolah Dasar.
Afif mengatakan, kami menhadirkan solusi untuk mengoptimalkan smartphone sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran yang kami kembangkan berbeda dengan kebanyakan media digital yang ada. Dengan GEJAYAN, siswa diharapkan dapat belajar lebih ceria dengan iringan musik yang familiar, dan karaoke.
“Kami berharap, GEJAYAN membantu siswa untuk memahami subjek dengan menonton, mendengarkan, menyanyikan lirik “mata pelajaran” yang  berfungsi seperti “Jembatan Keledai” dan bermain game”, lanjut Afif.
Tim Gejayan memperoleh prestasi akademik dengan mengikutsertakan karya pengembangan media audio-visual karaoke GEJAYAN tersebut pada International Science And Invention Fair (ISIF) 2021 dan berhasil memperoleh Gold Medal pada kategori Social Science dan juga memperolah Malaysia Innovaton, Invention, and Creativity Association (MIICA) Spesial Award.  ISIF 2021 merupakan kontes kreativitas di bidang Mathematics, Physics, Energy and Engineering, Life Science, Environment, Technology, Social Science, and Others yang diorganisir oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) dan tahun ini diikuti oleh 36 Negara. Lomba diselenggarakan 21-24/10/21 secara daring. Tentunya (witono)