POSTER TERBAIK LOMBA KARYA TULIS NASIONAL

Tim dari FMIPA UNY berhasil meraih prestasi pada Lomba Karya Tulis Nasional PIMPI (Pekan Ilmiah Mahasiswa Pertania Indonesia) 2016 di Institut Pertanian Bogor. Pada lomba yang diselenggarakan  15-18/9 tim FMIPA yang terdiri Afifah Hana Tsurayya dari prodi Fisika, Lathifah Widyastuti (Fisika), dan Intania Betari Miranda (Pendidikan Kimia) menjadi tim dengan poster terbaik pada kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah dengan mengusung karya yang berjudul ‘’ Eco Dryer—Pengering Rempah Ramah Lingkungan dengan Prinsip Bangunan Dinding Trombe". PIMPI adalah Pekan Ilmiah Mahasiswa Pertania Indonesia  yang diselenggarakan oleh UKM FORCES (Forum For Scientific Studies) IPB  merupakan suatu ajang kompetisi Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional diikuti oleh mahasiswa D3 dan S1 se-Indonesia.
Pada lomba yang dilaksanakan 15-18 September 2016 di  Institut Pertanian Bogor, Dramaga, Bogor, Universtias Negeri Yogyakarta (UNY) mengirimkan 1 tim untuk mengikuti kompetisi kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah yang bertemakan ‘’Inovasi Pemuda Dalam Pertanian Berkelanjutan Untuk Mewujudkan Indonesia Agridaya”.
Kompetisi kategori LKTI diikuti oleh 15 finalis oleh perwakilan dari universitas se-Indonesia, di antaranya Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Gajah Mada, Universitas Sumatera Utara, Universitas Brawijaya, ITS, Universitas Hasanudin, Universitas Negeri Medan, dan Universitas Riau, Universitas Halualeo, IPB, Universitas Airlangga dan UPI.
Afifah menjelaskan, secara singkat Eco-Dyer ini inovasi pengering rempah yang diangkat merupakan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan produksi hasil pertanian yang cepat mengalami pembusukan dan menyebabkan kualitas produk menjadi rendah, dan prosesnya yang masih tergantung dengan cuaca. Dengan penerapan dan pemanfaatan prinsip dinding trombe untuk mempercepat proses pengeringan ikan lebih higienis, tidak tergantung cuaca dan dapat diaplikasikan dalam skala besar. Pada akhirnya untuk menciptakan kualitas produksi hasil pertanian daerah seperti rempah yang memenuhi standard dan kelayakan konsumsi. (witono)