Skip to main content

   Indonesia   |    English

CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
Silakan masukkan jawaban pada kotak yang telah disediakan
  • Reset your password
Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL FMIPA
    • Sejarah Singkat
    • Visi Misi
    • Pimpinan
    • Pimpinan
    • Laporan Dekan
    • Renstra
  • KERJASAMA
    • Guest Lecturer
    • Lembaga/instansi pemerintah/non pemerintah
    • Pertukaran Mahasiswa
    • Visiting Professor
    • Laporan dan Evaluasi Kerjasama
    • Struktur Organisasi UUIK FMIPA UNY
  • DEPARTEMEN
    • Pendidikan Matematika
      • Prodi Sarjana Matematika
      • Prodi Sarjana Pendidikan Matematika
      • Prodi Sarjana Statistika
      • Program Magister Pendidikan Matematika
      • Program Doktor Pendidikan Matematika
    • Pendidikan Fisika
      • Prodi Sarjana Fisika
      • Prodi Sarjana Pendidikan Fisika
      • Program Magister Pendidikan Fisika
    • Pendidikan Kimia
      • Prodi Sarjana Kimia
      • Prodi Sarjana Pendidikan Kimia
      • Programi Magister Pendidikan Kimia
      • Program Doktor Pendidikan Kimia
    • Pendidikan Biologi
      • Prodi Sarjana Biologi
      • Prodi Sarjana Pendidikan Biologi
      • Program Magister Pendidikan Biologi
    • Pendidikan IPA
      • Prodi Sarjana Pendidikan IPA
      • Program Magister Pendidikan Sains
      • Program Doktor Pendidikan IPA
  • JURNAL
  • PENJAMINAN MUTU
  • PPID
    • Profil PPID FMIPA
    • Struktur PPID FMIPA
    • Formulir Permohonan Informasi
    • Informasi Tersedia Setiap Saat
    • Daftar Informasi Publik
    • Informasi Wajib Berkala
  • Permohonan Informasi
  • SOP
  • Zona Integritas dan WBK
  • USAHA FMIPA

Breadcrumb

  • Home
  • Pembelajaran bagi kaum milenial

Pembelajaran bagi kaum milenial

By witono | 2:51 PM WIB, Tue March 17, 2020

Sebagai guru yang mengajar kaum milenial, sebaiknya kita mengenal generasi milenial sebagai bahan bagaimana menghadapi mereka. Ada beberapa ciri generasi milenial, antara lain Hobi melakukan pembayaran non-cash. Menghadapi anak seperti ini model pembelajarannya seperti apa supaya kita bisa mengintegrasikan, apakah anak dilatih literasi bahwa kita harus siap dengan perkembangan teknologi di dunia semakin maju, jadi literasi ke ekonominya. 
Anak milenial juga suka dengan yang serba cepat dan instan.  Kita tidak bisa mengajarkan dari awal sampai akhir. Mahasiswa kalau sedang dijelaskan memilih untuk memfoto slide dari pada menulis. Padahal dinegara maju seperti di Jepang, siswanya masuk ke kelas, mereka harus menulis / mencatat dibuku. Tapi metode mencatatnya beda dengan tempat kita yang mencatatnya persis seperti di slide. Disana siswa memahami dulu baru dicatat intisarinya.  Dan guru memberi kesempatan untuk mencatat, sehingga catatannya akan bermakna seperti saya mencatat tentang itu dihalaman sekian dll. Jadi di Negara maju seperti Jepang, Singapura, AS, Selandia Baru, dll siswa yang utama dilantih kemampuan literasi dan critical thinking skillnya.     
Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Eli Rohaeti, dosen Jurdik Kimia FMIPA UNY pada Workshop Pembelajaran yang Menarik yang diikuti oleh para guru pembimbing lomba Chemistry Competition (CeC) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMAKI) FMIPA UNY, jumat, 5/3/20 di fakultas setempat. 
Lebih lanjut Eli menerangkan, ciri yang lain yaitu berbeda perilaku dalam grup satu dan yang lain. Suatu saat anak bisa  marah disitu, tapi ditempat lain tidak marah. Dia masih sangat mudah berubah di kelompok satu dengan yang lainnya. Jadi guru sebagai pendidik harus menciptakan suasana aman dan nyaman. Sekarang kebanyakan anak menjadi sahabat kita beda dengan dulu. 
“Ciri-ciri generasi milenial yang lainnya yaitu mudah bosan pada barang yang dibeli, No gadget No Life,, jago multitasking, kritis terhadap fenomena sosial, suka melakukan posting, suka share terutama dalam media sosial, memilih pengalaman daripada asset,” tambahnya.
Sebagai rangkaian dari kegiatan workshop tersebut Himaki juga menyelenggarakan lomba Olimpiade Kimia yang diikuti 60 orang dari 14 regional. Ketua Panitia M. Hanif Qodri menjelaskan bahwa untuk peserta sendiri diikuti oleh 215 orang dari 12 regional, dan finalnya diambil 60 orang yang diselenggarakan di kampus FMIPA UNY.  Ke-12 regional tersebut meliputi Pekan Baru, Lampung, Jakarta, Bandung, Bogor, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bali, Purwokerto, Makasar, dan Banjarmasin.
“Acara CeC ini sudah kami selenggarakan secara rutin. Kompetisi kimia untuk tingkat SMA ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing yang berbau kimia,” katanya.
Hanif menambahkan, selain olimpiade kita juga menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diikuti oleh 12 tim dari 10 universitas yaitu Universitas Gajah Mada(UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Brawijaya (UB), Universitas negeri Malang (UM),  IPB, UNDIP, UI, Unpad, UNYTema yang diambil adalah tentang lingkungan sehat. (witono)
 

Berita Lain

Post date: Mon, 10/20/2025 - 15:08
Dorong Digitalisasi dan Kemandirian Pemuda Desa, PPK Ormawa BEM FMIPA UNY Gelar Workshop Pengelolaan Website Desa Prawatan
Post date: Mon, 10/20/2025 - 14:54
Mahasiswa FMIPA UNY Tawarkan Solusi Kreatif Pembelajaran melalui Komik AR Etnomatematika
Post date: Mon, 10/20/2025 - 14:31
FMIPA UNY Dorong KWT Barokah Kembangkan Inovasi Minuman Herbal yang Bernilai Ekonomi
Post date: Mon, 10/20/2025 - 14:18
Inovasi Mahasiswa FMIPA UNY: Ubah Limbah Udang dan Daun Herbal untuk Terapi Tuberkulosis
Post date: Mon, 10/20/2025 - 14:04
Wujudkan Pertanian Ramah Lingkungan: Mahasiswa FMIPA UNY Hadirkan Inovasi Pakan Fermentasi
Post date: Mon, 10/20/2025 - 11:48
Visiting Professor Prof. Oh Jin Park Bahas Implementasi AI dalam Pembelajaran Kimia dan Bioteknologi Industri bersama Mahasiswa FMIPA UNY
Post date: Mon, 10/20/2025 - 10:45
FMIPA UNY Terima Kunjungan FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang: Bahas Pengembangan Prodi Berbasis RPL dan Digitalisasi Layanan Akademik
Post date: Fri, 10/17/2025 - 12:12
Yudisium Periode 15 Oktober 2025: Dekan FMIPA UNY Dorong Lulusan Optimalkan Potensi dan Raih Peluang
Post date: Thu, 10/16/2025 - 15:20
MGMP Matematika SMP Kabupaten Temanggung Kunjungi FMIPA UNY: Perkuat Sinergi untuk Pengembangan Kurikulum dan OSN Matematika
Post date: Thu, 10/16/2025 - 14:41
Perkuat Pengembangan Kurikulum dan Penjaminan Mutu, Kampus 5 UNNES Lakukan Benchmarking ke FMIPA UNY

Pagination

  • Page 1
  • Next page next ›

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Dewan Pertimbangan Mahasiswa
  • Badan Eksekutif Mahasiswa
  • Himpunan Mahasiswa Matematika
  • Himpunan Mahasiswa Fisika
  • Himpunan Mahasiswa Kimia
  • Himpunan Mahasiswa Biologi
  • Himpunan Mahasiswa IPA
  • HANCALA (Pecinta Alam)
  • Haska (Kerohanian Islam)
  • SEKRUP (Teater, Seni)
  • KSI MIST (Penelitian)
  • BIONIC (UKM Pengamat Burung)
  • MIPA Creativepreneur Club

Kepala Bagian Tata Usaha, Sekretaris Tata Usaha, dan UUIK

  • Kepala Layanan Administrasi
  • Sekretaris Layanan Administrasi
  • Unit Urusan Internasional dan Kemitraan

Kontak Kami

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Kampus Karangmalang
Jl.Colombo No. 1 Yogyakarta 55281,

Telp. 0274-586168 psw 217, 336
Telp. 0274-565411
FAX. 0274-548203
Email: humas_fmipa@ uny.ac.id

 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY