Pelantikan Pengurus Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktor FMIPA UNY

Dekan FMIPA UNY Prof. Dr. Ariswan, M.Si., melantik Pengurus Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktor (PKMMD) FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Pelantikan secara daring dilaksanakan Jumat 6/8/21. Pengurus yang terdiri dari 25 orang yang meliputi Ketua Umum yang dijabat oleh Inayah, Sekretaris oleh Desy Purwasih, dan bendahara yaitu Ira Novia Sari.
Sedangkan divisi yang ada di pengurusan tersebut meliputi Divisi Pendidikan dan Pelatihan dengan koordinator Fajar Naqsyahbandi, Divisi  Hubungan Masyarakat koordinator oleh Muhammad Muhibullah, Divisi Pengabdian Masyarakat oleh Jajang Muhariyansah, dan Divisi Penelitian dan Pengembangan yaitu Latif Irfan.
Pada sambutannya Dekan mengatakan, sejak Agustus 2020 Program Magister yang semula ada di Program Pascasarjana pindah ke fakultas sesuai monodisiplin dari prodinya. Pada September 2021 Program Doktor juga ada di fakultas. Dengan terbentuknya pengurus ini intinya adalah mendekatkan mahasiswa dengan para pemangku amanah baik difakultas maupun jurusan, sehingga pada akhirnya ketika proses berjalan diprogram Magister proses pembelajaran, riset, pembimbingan itu mengantarkan anda semua  dengan target waktunya bisa menyelesaikan program Magister di FMIPA.
“Kita menyadari untuk menjadi Magister yang paripurna itu pasti merupakan akumulasi dari berbagai proses pembelajaran/perkuliahan yang mahasiswa lakukan. Anda yang terpilih ini adalah orang-orang terpilih yang mempunyai kepedulian dan memberi kemanfaatan kepada komunitasnya yaitu Program Magister dan Doctor”, lanjut Dekan.
Harapan kita adalah bagaimana memperjuangkan proses pembelajaran/perkuliahan diprogram Magister itu dengan sebaik-baiknya. Maka kuncinya tentu komunikasi mahasiswa dengan dosen, pemangku amanah harus terjadi dengan sebaik-baiknya. Jadi tidak boleh ada sumbatan komunikasi.
Dekan mengharapkan, mahasiswa magister dan doktor bisa lulus sesuai dengan tenggat waktu, syukur bisa lulus lebih cepat dengan nilai maksimal cumlaude,  itu proses yang anda lewati dan tentu anda tidak ingin berhenti pada S2, maka FMIPA dengan upaya keras mengawal supaya ada program-program doktor difakultas ini. Saat ini yang sudah ada adalah Program Doktor Pendidikan Kimia. Dan akan segera lahir Program Doktor Pendidikan IPA konsentrasi  Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan IPA. Selain itu juga Program Doktor Pendidikan Matematika.
Sementara Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ali Mahmudi, mengatakan, ini adalah sejarah di FMIPA  yaitu terbentuk organisasi baru yang siap bersinergi dan kita mensukseskan kegiatan akademik yang tertera dalam kurikulum. Program magister dan doktor  itu tidak lama tapi harus tetap berkarya, memberikan peran yang signifikan, mensuport diri sendiiri, teman-teman dan masyarakat untuk berkembang potensi  keilmuannya, intelektualitasnya, daya nalar bahkan minat bakatnya. (Witono)