P3D KSI MIST FMIPA UNY MENGEMBANGKAN POTENSI WISATA BUDAYA DI GUNING KIDUL

Kelompok Studi Ilmiah MIPA Saintis (KSI Mist)  FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D) 2021. Program ini  merupakan program lanjutan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang dilaksanakan pada tahun 2020 dan dilaksanakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.
Kegiatan program P3D berlangsung sejak Agustus – November 2021 dengan menyasar pada karang taruna Desa Tambakromo, ibu-ibu PKK, penggiat seni, dan pendamping budaya. Tim Pelaksana P3D KSI Mist 2021 menyelenggarakan acara Festival Budaya yang merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan P3D meliputi peresmian Taman Budaya Kalurahan Tambakromo, Penampilan Tari, Presentasi Lomba Masak, dan Pengumuman Juara Lomba Desain Motif Batik, Festival Budaya ditampilkan Tari Anak, Tari Gambyong, dan Tari Batok. Puncak acara diselenggarakan di desa binaan, yaitu Kalurahan Tambakromo, Kapanewon Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, DIY. P3D sendiri merupakan program pengabdian masyarakat yang didanai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 
Tim Pelaksana P3D KSI Mist 2021 terdiri dari Latifah Nur Khasanah (Pendidikan Kimia) selaku ketua, bersama 9 anggota tim yang terdiri dari Kahfi Imam Faqih Kurnia (Kimia), Intania Isnaini (Pendidikan Kimia), Ittiba’hidayaturrohmah Salarasmahati (Pendidikan Kimia), Dwiarini Yuendita (Pendidikan Kimia), Aldi Rizq (Pendidikan Bahasa Jawa), Anisa Devi Agustina (Pendidikan Seni Tari), Dhianti Linggar Satiti (Pendidikan IPA), Mifta Fajarwati (Kimia), dan Lilis Risma Putri (Pendidikan Matematika), dengan dosen pembimbing Suhandoyo, M.S.
Latifah menjelaskan, tim P3D menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Potensi Wisata Budaya dan Perawatan Fasilitas Taman Budaya di Kalurahan Tambakromo, Ponjong, Gunungkidul yang merupakan desa binaan KSI Mist UNY. 
“Pelatihan tersebut didukung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dengan narasumber Purnomo Sumardamto S Hut, MA, M.Eng., Kepala Sie Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata. Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi pengelola desa wisata budaya. Sasaran peserta merupakan warga masyarakat Desa Tambakromo meliputi Karang taruna Desa, Dewan Budaya Desa, dan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) diharapkan mampu dalam mengembangkan potensi wisata budaya yang dimiliki oleh Desa Tambakromo. Target program kami yaitu Pengembangan Taman Budaya sebagai Integrasi Desa Budaya untuk Mewujudkan Masyarakat Berdaya saing di Era Industri 4.0”, pungkasnya. (witono)