Mahasiswa UNY Raih Medali Emas di Ajang IIIC 2019 Taiwan

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY, Asmi Aris  berhasil menorehkan prestasi tingkat internasional setelah memperoleh medali emas pada ajang Kompetisi International Innovation and Invention Competition  (IIIC) 2019 yang digelar di Ambassador Hotel Taipei, Taiwan, 12-15/11/19. 
Kompetisi diikuti semua finalis sejumlah 200 tim peserta dari berbagai negara diantaranya India, Malaysia, Thailand, Jepang, Taiwan, Canada, dan Bendera Republik Makedonia. Pada kompetisi kali ini, tidak hanya lomba untuk universitas namun juga ada perlombaan untuk dosen, Ilmuwan, SD, SMP dan SMA.
Asmi Aris mengatakan, bidang lomba yang dikompetisikan meliputi bidang teknologi, kesehatan, sains terapan, sosial, dan Asmi masuk bidang kesehatan.
Asmi menceritakan papernya yang berjudul Ofeero as an effort to overcome inflammation in skin berisi ide tentang bagaimana antiinflamasi dengan memanfaatkan tumbuhan sekitar, dengan memanfaatkan dedaunan yang bisa mengatasi antiinflamasi dengan proses in vitro. 
“Untuk proses lomba sebenarnya ada dua tahap tapi perngiriman berkasnya bersamaan, yakni paper dan poster. Setelah itu dapat undangan dari pihak panitia lomba siapa yang masuk 3 besar dari beberapa bidang itu. Saat dilokasi lomba tersebut, baru disampaikan bahwa memperoleh apa setelah pengumuman, tanpa ada penilaian lagi, melainkan seperti sharing ide (diskusi) dengan inventor lain”, lanjutnya. (witono)