Mahasiswa UNY Mengadakan Pelatihan Teknologi Laboratorium Virtual Bagi Guru-guru di Pelosok Madura

Athi' Nur Auliati Rahmah, mahasiwa FMIPA UNY merupakan salah satu Mahasiswa Mengajar program Kampus Mengajar Angkatan I. Kampus Mengajar merupakan salah satu program Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi  (Kemdikbudristek) RI untuk membantu pembelajaran sekolah dasar (SD) berakreditasi maksimal C daerah-daerah pelosok Indonesia. Athi' yang berasal dari Madura ditempatkan di SDN Guluk-Guluk II, Kec. Guluk-Guluk, Kab. Sumenep, Madura, Jawa Timur. Ia mengabdi di desanya yang terpencil selama kurang lebih tiga bulan, membantu pembelajaran, administrasi, dan pengenalan teknologi. 
Dalam membantu pengenalan teknologi di sekolah, ia mengadakan Pelatihan Teknologi Informasi kepada guru-guru di SDN Guluk-Guluk II selama satu hari, pada Senin, 14/6/21. Di tengah kesibukan guru-guru menilai rapot, ia diberi kesempatan oleh kepala sekolah untuk mengadakan Pelatihan Teknologi Informasi:  Efektif Pembelajaran Daring menggunankan PhET. 
"Rencananya, saya ingin mengadakan pelatihan dengan materi pembuatan room gmeet dan zoom, gclassroom, menti, kahoot, dan Phet.. Tetapi apa daya, sinyal dipelosok tidak bisa digukanan untuk browsing. Akhirnya saya hanya bisa memberi materi PhET, laboratorium virtual yang berisi simulasi-simulasi eksperimen sains. Mengingat simulasi-simulasi tersebut sudah  ia download jauh-jauh hari di jogja, sebelum mengabdi ke pelosok. Diantaranya ada simulasi ketesimbangan/jungkat-jungkit (bisa digunakan untuk kelas 4) dan gaya gravitasi (bisa digunakan untuk kelas 6)", ujar Athi'.
Mahasiswa Pendidikan Fisika ini menambahkan, saya  senang dengan respon dari bapak ibu guru. Meski hanya PhET yang bisa saya sampaikan dan dengan peralatan seadanya. Pelatihan ini semoga bisa membantu guru-guru untuk menyiapkan media pembelajaran. (witono)