MAHASISWA UNY IKUTI KEGIATAN OUR ENERGY

Kegiatan Our Energy merupakan bagian dari proyek pengembangan kapasitas "World Exchange" yang melibatkan pemuda dari empat negara. Kegiatan ini juga dilengkapi dengan pelatihan dan kegiatan evaluasi untuk staf dari enam organisasi mitra yang terlibat dalam proyek ini. Melalui pertukaran pemuda ini, diharapkan peserta memperoleh pengetahuan tentang energi terbarukan, pengetahuan dasar tentang listrik, mencermati keuntungan energi terbarukan dan mengubah sikap peserta terhadap penggunaan energi mereka.
 “Our Energy” Youth Exchange diselenggarakan oleh Erasmus (European Union’s Programme) dan kerjasama dari beberapa partner Cambodia Youth Action, IDC (Initiative et Development Citoyen), Vilagjaro, GREAT Indonesia, Associazione Kora, SOLS 24/7-Science Of Life Studies 24/7, di SOLs (Science Of Life Studies 247) Academy Segambut, Kuala Lumpur Malaysia. Event ini  diikuti delegasi dari enam negara di dunia, yaitu Italia, Hungaria, Prancis, Cambodia, Indonesia, dan Malaysia. Setelah mengikuti  Youth Exchange, diharapkan peserta memiliki pengetahuan yang lebih tentang renewable energy, dapat memberikan solusi mengenai perkembangan permasalahan renewable energy dari tiap negara.
Untuk mengikuti ajang ini para peserta harus mengumpulkan essay motivation dan application letter. Setelah melalui seleksi, satu-satunya delegasi dari UNY yang berhasil lolos adalah Absari Hanifah, mahasiswa  prodi Biologi FMIPA UNY. Hanifah menjelaskan, kegiatan yang diangkat dalam event ini yaitu training activity dan evaluation activity tentang Renewable energy.
Kegiatan yang dilakukan selama sepuluh hari ini berupa: workshop, debat, role plays, simulasi, kegiatan di luar ruang. Di samping itu, ada kegiatan non-formal, seperti Teambuilding, intercultural learning activities, role play and theatre activities, recreational activities, Quizzes, Daily reflection, dan evaluation.
Dijelaskan, rangkaian acara kegiatan tersebut juga diperkaya dengan kunjungan laboratorium solar panel dan praktik langsung mengenai pembuatan dan pemasangan Solar Panel. Kegiatan praktik diawali dengan workshop dengan Pembicara Mrs. Anna dari Serbia yang memiliki pengalaman dalam bidang bidang energi dan lingkungan. Materi workshop mengenai perkembangan dan bisnis mengenai renewable energy di negara-negara maju. Kegiatan workshop diakhiri dengan praktik langsung mengenai pemasangan dan pembuatan solar panel.
Absari hanifah menerangkan, manfaat yang diperoleh mengikuti ajang ini yaitu teraplikasikannya hasil-hasil pemikiran dan ide mahasiswa sehingga dapat dijadikan referensi pengambilan kebijakan oleh masyarakat, meningkatnya citra nama UNY sebagai universitas dalam ajang prestasi di tingkat internasional. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan tercipta hubungan bersinergi antara mahasiswa UNY dan organisasi internasional. Ke depan, diharapkan mahasiswa UNY dapat terlibat aktif dalam berbagai ajang kompetisi untuk mengembangkan penelitian dan prestasi mahasiswa sebagai basis pengembangan keilmuan bangsa. (witono)