Mahasiswa Thailand Kuliah Transfer Kredit di FMIPA UNY

Sebanyak 11 mahasiswa dari Yala Rajabhat University Thailand mengikuti program transfer kredit di FMIPA UNY. Mereka akan kuliah selama satu semester mulai Februari 2016. Yang kuliah di Jurusan Pendidikan Fisika 3 orang, Jurusan Pendidikan Kimia 3 orang, dan Jurusan Pendidikan Biologi 5 orang. Pertemuan antara para mahasiswa dan para pengajar dilaksanakan pada Jumat, 12/2 di ruang sidang fakultas.
Kepada para mahasiswa, Wakil Dekan I, Dr. Suyanta, menjelaskan bahwa program transfer kredit ini merupakan salah satu bentuk kerjasama antara FMIPA UNY dengan Faculty  of Science Technology and Agriculture, Yala Rajabhat University. 
“Selama belajar,  para mahasiswa bisa ditemani  para mahasiswa dari UNY supaya lebih lancar dalam belajar. Selain itu para dosen kami dalam mengajar juga secara pelan-pelan baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia”, lanjutnya.
Suyanta berharap para mahasiswa dari Thailand untuk menyesuaikan dengan kondisi di UNY, misalnya jam masuk kuliah yaitu pukul 07.30 wib  sampai sore.
Antara kedua fakultas, jelas Suyanta, telah terjadi aktivitas kerjasama yaitu mahasiswa sit-in. Setiap tahun mahasiswa kelas internasional FMIPA UNY melaksanakan sit in dengan beberapa universitas yang punya kerjasama dengan UNY termasuk Yala Rajabhat University. Begitu pula sebaliknya.
Untuk program transfer kredit,  tahun lalu (2015) sudah mulai mengirimkan mahasiswanya ke FMIPA UNY. Sedangkan untuk mahasiswa FMIPA UNY akan berangkat mengikuti program transfer kredit ke Yala Rajabhat University sebanyak 6 orang yang mengikuti kuliah disana mulai Februari – Juni 2016.
Selain itu antara kedua fakultas juga telah terjalin kerjasama seminar internasional, penelitian, serta publikasi internasional. (witono)