Mahasiswa FMIPA SUMBANG 77 Penghargaan

Sebanyak 77 penghargaan prestasi berhasil disumbangkan mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta. Penghargaan ini diraih para lulusan yang mengikuti Wisuda  Program Doktor,  Magister, Sarjana, dan Diploma yang diselenggarakan UNY secara daring dan luring,  Sabtu, 26 Juni 2021. . Acara Wisuda luring hanya diikuti oleh para wisudawan terbaik dari semua fakultas dan Program Pascasarjana. 
Penghargaan yang berhasil disumbangkan oleh 16 mahasiswa untuk berbagai bidang. Untuk prestasi dibidang penalaran, yaitu Afifah Sari Nurseha Kimia - S1 (2 penghargaan), Anissa Fitria Kimia - S1 (7), Arini Miftaqul Jannah Kimia - S1 (2), Asmi Aris Pendidikan Kimia - S1 (14), Astuti Naviah Apriliani Pendidikan Kimia - S1 (3), Indiarti Muafiqoh Munzillah Pendidikan Fisika - S1 (1), Nurul Huda Matematika - S1 (1), Rosyid Shidiq Hidayatulloh Kimia - S1 (1), Rusita Kimia - S1 (3), Timotius Nugroho Fisika - S1 (2), Vikhi Qomariyah Pendidikan IPA - S1 (1), Vinasti Fatonah Pendidikan Biologi - S1 (2), Wahyu Saefulloh Fisika - S1 (2), Yulisa Ratih Istiana Pendidikan Biologi - S1 (1).  
Penghargaan dibidang Seni, yaitu Indiarti Muafiqoh Munzillah Pendidikan Fisika - S1 (2 penghargaan), Wahyu Saefulloh Fisika - S1 (2). Prestasi dalam bidang olahraga diraih Adani Wiam Tamim Matematika - S1 (16). Sedangkan Prestasi dalam bidang minat khusus yaitu  Anissa Fitria Kimia - S1 (1), Nurul Huda Matematika - S1 (11), Yulisa Ratih Istiana Pendidikan Biologi - S1 (2), dan Yustia Pramesti Pendidikan IPA - S1 (1). 
Dalam sambutannya, Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto. M.Kes, AIFO, mengatakan, bagi lulusan UNY yang dipersiapkan untuk menjadi calon guru telah memiliki empat kompetensi yang diamanatkan dalam undang-undang guru dan dosen, yaitu: kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Secara kualifikasi akademik, anda telah memenuhi persyaratan untuk menjadi guru/tenaga kependidikan yang ditambah dengan empat kompetensi tersebut anda akan menjadi guru/tenaga kependidikan profesional. 
Oleh karenanya, Program Profesi Guru (PPG) yang UNY selenggarakan baik pra- maupun dalam jabatan akan memberikan penambahan kompetensi-kompetensi sehingga anda berhak mendapatkan sertifikat pendidik. Selain itu, anda juga dapat meningkatkan kualifikasi akademik dengan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. 
“Bagi para wisudawan dari program studi non-kependidikan, anda diharapkan sudah memiliki kemampuan adaptif dan fleksibilitas di dunia kerja. Pekerja yang mempunyai kemampuan adaptif dan fleksibel cenderung akan mempunyai tingkat well being yang lebih baik. Sebagai lulusan di era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat ini, para wisudawan  juga wajib memiliki kemampuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang menjadi ciri dunia kerja di era digital”, tegasnya. 
Rektor menambahkan, lulusan juga dapat memperkuat diri dengan memiliki kompetensi lain di luar kompetensi utama yang merupakan kemampuan tambahan terkait potensi yang anda miliki. Kepemilikan keterampilan Abad 21 yang meliputi Communication, Collaboration, Creativity, Critical Thinking akan sangat membantu Anda untuk berkembang di masyarakat. Berbagai kemampuan itu menjadikan anda lebih kuat dan maju dalam berbagai hal sehingga mampu untuk berkompetisi dalam persaingan global yang terus berjalan sekarang ini. (witono)