Mahasisiwa UNY Raih Gold Medal pada INIIC 2021 di Malaysia

Mahasiswa UNY kembali menorehkan prestasi dengan meraih Gold Medal pada ajang Internasional Invention and Innovative Competition (INIIC) 2021 di Malaysia, hari Sabtu 12 Juni 2021. Tim merupakan kolaborasi antara Aditia Pramudia Sunandar (Pendidikan Biologi), Rizki Oktavianto (P.Akuntansi), Khoirunnisa (Biologi), Angki Pranamukti (Pendidikan Teknik Informatika), dan Rohsyam Sidik (Pendidikan Teknik Informatika).
Tim UNY mengikuti lomba pada kategori B2: Higher Institution Students (Science, Engineering & Technology). Pada event tersebut, Rizki dkk menulis paper yang berjudul Caventure as Innovative Cave-based Tourism and Education Platform Towards Society 5.0 in Yogyakarta. Caventure merupakan gagasan inovatif berupa aplikasi tentang pariwisata edukatif seputar keguaan di kawasan Yogyakarta. Ide ini dilatarbelakangi banyaknya goa khususnya di Yogyakarta yang berpeluang untuk dijadikan objek wisata edukatif yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat namun belum dioptimalkan. 
Dalam penyusunan paper ini, Adit dan Khoirunnisa berperan dalam mengkaji aspek keguaan dari perspektif ilmu biologi. Angki dan Rohsyam sebagai pengembang prototipe aplikasi. Sedangkan Rizki berperan mengkaji dari aspek ekonomi. 
"Sebagai mahasiswa, tentu sangat penting untuk menjalin kolaborasi untuk menghasilkan karya karya terbaik. Karena kita tidak akan bisa selamanya sendiri, kita bisa menjadi kuat karena kolaborasi." kata Rizki. (nisa/witono)