Kuliah Umum Prof Allan L White di FMIPA UNY

Prof. Allan L White dari University of Western Australia, memberikan kuliah umum bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, kemarin, di ruang seminar fakultas.
Dalam paparannya, Allan White mengatakan, matematika penting untuk mengembangkan otak. Berfikir, belajar dan bertindak dapat mengubah gen kita, sehingga membentuk anatomi otak dan perilaku kita.
“Guru bisa frustasi  ketika siswa lupa rumus matematika, dll.  Itu  karena siswa hanya menghafal saja tetapi mereka tidak memiliki arti proses pembelajaran. Jadi itu adalah tantangan bagi kita sebagai generasi muda dan guru berikutnya untuk membuat pendidikan yang lebih baik terutama dalam matematika,” Jelasnya.
Siswa rajin dapat mengikuti instruksi guru untuk menghafal fakta atau melakukan urutan tugas berulangkali. Dan bahkan mungkin mendapatkan jawaban yang benar. Tetapi jika mereka belum menemukan makna pada akhir episode pembelajaran, ada sedikit kemungkinan penyimpanan jangka panjang.
Allan White juga menjelaskan, remaja dapat memproses secara akurat  7 potong informasi baru dalam 1 detik. Orang tua 80 tahun hanya 2 potong informasi per detik. Dan dalam 10 sesi dari 30 menit  anda dapat meningkatkan kecepatan turbo Anda. (witono)