KPB Bionic FMIPA UNY Memperingati World Migratory Bird Day

World Migratory Bird Day (WMBD) atau Hari Migrasi Burung Sedunia adalah suatu hari yang ditetapkan untuk mengkampanyekan konservasi burung-burung migran dan habitatnya. WMBD diinisiasi pada Mei 2006 oleh pengurus AEWA (African-Eurasian Migratory Waterbirds) dan CMS (Conservation of Migratory Species of Wild Animals) di Kenya, dari kegiatan awal tersebut ditetapkan setiap pekan ke-2 bulan Mei menjadi Hari Migrasi Burung Sedunia. Tahun ke tahun kegiatan WMBD semakin merambah negara-negara di luar Kenya tidak terkecuali Indonesia. Dan dari tahun ke tahun, WMBD selalu mengganti tema kegiatannya. Tema WMBD 2016 adalah “Stop the Illegal Killing, Taking and Trade of Migratory Birds”. Di Indonesia, kegiatan WMBD 2016 dilaksanakan dibeberapa provinsi, salah satunya di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Widodo, salah satu panitia menjelaskan, WMBD 2016 di Yogyakarta tersusun atas 2 kegiatan. Pertama adalah kampanye konservasi burung dan yang kedua adalah edukasi anak-anak. Kegiatan pertama yang dikoordinatori oleh Gahar Ajeng (KPB Bionic UNY) dilaksanakan di titik km 0 Yogyakarta pada tanggal 10 Mei 2016. Kegiatan pertama dilakukan ditempat umum dengan tujuan supaya masyarakat umum mengetahui dampak negatif dari perburuan burung-burung migran. Kegiatan pertama juga dimeriahkan dengan pameran foto burung-burung liar hasil bidikan anggota PPBJ (Paguyuban Pengamat Burung Jogja). Kegiatan kampanye konservasi diakhiri sekitar pukul 19.00 WIB karena hujan mengguyur kawasan titik km 0.
“Kegiatan kedua adalah edukasi anak-anak di SD N 2 Sokomoyo Kulon Progo. Kegiatan edukasi anak-anak yang dikoordinatori oleh Matalabiogama UGM dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2016 bersamaan dengan Jogja Bird Walk edisi Mei. Kegiatan diawali dengan membagi siswa kelas IV dan V menjadi 5 kelompok. Masing-masing kelompok dipandu oleh 3-5 anggota PPBJ untuk melakukan pengamatan burung disekitar SD N 2 Sokomoyo”, terangnya. 
Tujuan dari pengamatan burung, lanjut Widodo, supaya anak-anak lebih mengenal burung sebagai biodiversitas di desa mereka. Harapan lebih lanjutnya adalah supaya mereka dapat melindungi burung-burung didaerah mereka dari perburuan. Setelah melakukan pengamatan burung, anak-anak berkumpul dihalaman masjid barat sekolah untuk berdiskusi mengenai burung-burung yang dapat mereka amati. 
Setelah berdiskusi, anak-anak dan pemandu kembali menuju SD N 2 Sokomoyo. Sesampainya di sekolah, anak-anak istirahat sambil menonton video konservasi yang dikemas dalam bentuk kartun. Selepas nonton bareng, Afrizal Maula Alfarisi (Ketua PPBJ) berdiskusi bersama anak-anak tentang burung-burung migran. Saat berdiskusi, anak-anak sangat antusias menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh Afrizal. Kegiatan edukasi siang itu diakhiri dengan foto bersama dihalaman sekolah. (R. Widodo/witono)