HANCALA mengikuti "Rock Trip #3" Pelatihan Bersama Panjat Tebing

Anggota divisi Climbing HANCALA yaitu Cita Puspa Aisyah, Fajri Maghfirah, dan Nurul Hidayatun mengikuti kegiatan pelatihan bersama rock trip yang diadakan Komunitas Panjat Tebing Yogyakarta (KPTY) pada Jumat-Minggu, 16-18/2/18. Acara dilaksanakan di Tebing Parang Endog, Watu Gupit, Gunung Kidul, Yogyakarta
Kegiatan panjat terbagi menjadi dua yaitu sport dan artificial panjat.  Panjat sport dilakukan dengan memanjat tebing dengan cara lead,  dimana pemanjat pertama memasang peralatan pengaman dan diamankan oleh seorang pengaman (belayer) dari bawah. Sedangkan artificial panjat merupakan pemanjatan guna manambah ketinggian dengan alat.
Puspa menjelaskan, Kegiatan pemanjatan dibagi menjadi 2 jenis yaitu sport dan artifisial. Sedangkan kegiatan pemanjatan artifisial dibagi menjadi 2 kelompok dengan memanjat tebing yang berbeda. Pemanjatan artifisial dimulai  dengan orientasi medan mengenai tebing yang akan dipanjat sehingga peserta dari masing-masing kelompok dapat mengetahui alat-alat apa saja yang dibutuhkan dalam pemanjatan. Kemudian masing-masing kelompok mengambil alat yang dibutuhkan dalam pemanjatan dan mulai melakukan pemanjatan. Kelompok yang tidak melakukan pemanjatan artifisial hari kedua melakukan pemanjatan sport. Kegiatan hari kedua dimulai sekitar pukul 09.00 dan selesai sekitar pukul 15.00.
Pemanjatan artifisial kelompok ketiga dilakukan di hari ketiga. Sedangkan kelompok yang hari sebelumnya sudah melakukan pemanjatan artifisial bergantian melakukan pemanjatan sport. Pemanjatan dimulai sekitar pukul 08.00 hingga 12.00. (puspa/witono)