GANTI NOMOR HP BERARTI MENUTUP PINTU REZEKI

Sebaiknya sesama teman saling berkomunikasi supaya jendela kita terbuka luas kemana kita mau pergi. Selain itu jangan sering mengganti nomor handphone  (HP) karena itu merupakan pintu rezeki. Banyak yang tidak terpanggil kerja karena ganti nomor HP.  Demikian dikatakan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA UNY, Suhandoyo, pada acara Pre Job Training yang diselenggarakan Rabu, 18/9/19 di ruang sidang fakultas.  Pada acara yang bertema Kunci Sukses Menembus Dunia Kerja ini menghadirkan nara sumber yaitu Biro Psikologi CMT, Ayodya Narutama, S.Psi.,  Tim Sekolah Cikal, dan dari PT Asta Agro Lestari. 
Lebih lanjut dikatakan,  acara Pre Job Training ini kita selenggarakan karena kitu butuh sesuatu yang menjembatani dari alumni yang baru lulus ke dunia kerja.  Dalam setahun kita menyelenggarakan dua kali.  Dari hasil tracer terlihat kelemahan dari lulusan yaitu bagaimana dia mempromosikan dirinya.  Bagaiman mem-branding-kan diri bagaimana orang lain percaya kalau kita mampu. 
Pada paparannya, Ayodya menjelaskan kenapa fresh graduate susah mencari kerja. Jangan terlalu bangga dengan IPK tinggi tapi miskin pengalaman, maka HRD tidak terlalu melirik. Jadi yang masih mahasiswa semester akhir mencarilah tempat magang. Bagi yang sudah lulus lamarlah kerja walaupun ditempat yang bukan bonafit. Jangan merasa gengsi. 
“Kita harus melihat   diri kita, misal hobi ngomong maka tekunilah public speaking, yang suka menulis bisa menjadi penulis, yang suka belanja bisa menjadi mystery shopper, dll. Apalagi ini di era Industri 4.0 . Kurang Pede terhadap potensi diri, maka ubahlah dirimu, kamu ingin jadi seperti apa, perbaiki dari sekarang,” tegasnya.
Ayodya juga mengungkapkan karakteristik pelamar yang disenangi HRD yaitu memiliki CV diri yang singkat, padat, jelas. Selain itu tegas dan jawabanya tidak berbelit juga memiliki skill yang nyambung dengan jabatan yang dilamar serta tidak sombong dan realistis. 
“Bangunlah personal branding. Kamu mau dikenal dirimu sebagai apa atau kekhasan dirimu apa. Contohnya saya ingin membangun diri saya sebagai trainer public speaking maka di medsosmu seperti instagram / facebook penuhilah dengan imej kamu adalah itu. Karena HRD zaman sekarang mudah melacak kamu.  Selain CV juga membuka instagram.  Jadi akun media social mulai ditata. Perhatikan juga status whatsapp jangan yang receh-receh,” lanjutnya. 
Kiat sukses untuk melamar pekerjaan, menurut Ayodya, yaitu menumbuhkan rasa bangga terhadap potensi diri, gali potensi diri yang bisa kita kembangkan. Selain itu juga mengembangkan jiwa kepemimpinan dalam diri, terbuka berkomunikasi, proaktif terhadap semua peluang baru.
Kiat yang lain yaitu menumbuhkan pola pikir “langkah selanjutnya apa”, komitmen pada solusi, bukan pada masalah. Bila menemui kekurangan jangan lelah memperbaiki, serta sabar.  (witono)