FMIPA MENERIMA KUNJUNGAN STUDI BANDING IAIN SURAKARTA

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta belum lama ini menerima kunjungan studi banding dari IAIN Surakarta. Rombongan yang terdiri 5 orang dipimpin oleh Wakil Dekan I, Dr. Fauzi Muharom, M.Ag., diterima oleh para para pengurus jurusan Pendidikan (Jurdik) Biologi FMIPA UNY di ruang sidang fakultas.
Dalam sambutannya Fauzi Muharom mengatakan bahwa maksud kedatangannya adalah untuk studi banding atau belajar dari Jurdik Biologi yang sudah terakreditasi “A” dari BAN PT. Saat ini di IAIN Surakarta sedang mempersiapkan borang pendirian Prodi Pendidikan/Tadris Biologi. Semoga dengan kegiatan ini menjadi bekal yang sangat berharga bagi kami dalam mempersiapkan borang.
Suratsih, M.Si., Kaprodi Pendidikan Biologi FMIPA UNY, dalam dialog tersebut mengungkapkan bahwa dosen harus diplot sejak awal, misalnya kalau dia dari pendidikan maka terus di pendidikan, jangan pindah ke murni.
“Selain itu, pengampu mata kuliah pendidikan harus dari dosen pendidikan, misalnya di prodi Biologi ada mata kuliah Statistika maka dosennya harus dari Jurdik Matematika”, lanjutnya.
Dr. Agung Wijaya, Sekretaris Jurdik Biologi menjelaskan bahwa salah satu aspek pengembangan kurikulum adalah bagaimana aspek lulusan bisa diterima oleh pengguna. Pada akreditasi melibatkan pihak luar terhadap perkembangan kurikulum. Kita harus memahami/menerima pendapat pihak luar seperti sekolah, lembaga pendidikan yang relevan misalnya home schooling. Nanti mendapat masukan bagaimana kinerja lulusan kita yang dipakai oleh pengguna.
Sementara itu, Kaprodi Pendidikan Biologi S2, Dr. Paidi mengatakan bahwa visi misi diprodi mengembangkan keilmuan, kurikulum tidak boleh lepas dari lembaga. Visi misi dari universitas diturunkan ke fakultas terus ke jurusan kemudian dikembangkan visi misi ke profil kelembagaan. Mata kuliah penciri didasarkan dari visi misi ini. (witono)