Evaluasi Lapangan Usulan Penyelenggaraan Prodi Pendidikan IPA Program Doktor

Direktorat Kelembagaan Ditjen Pendidikan Tinggi  melaksanakan Evaluasi Lapangan secara Virtual atas Usulan Penyelenggaraan Prodi  Pendidikan IPA Program Doktor yang diusulkan oleh FMIPA UNY.  Evaluasi lapangan dilaksanakan Selasa, 9/11/21. Evaluator pada kesempatan tersebut yaitu Prof. Dr. Muhammad Rusdi, M.Sc. dari Universitas Jambi, Prof. Dr.  Hilda Zulkifli, M.Si.,DEA (Universitas Sriwijaya), dan Prof. Dr.  Salengke, M.Sc. (Universitas Hasanudin).
Kepala LLDIKTI Wilayah V, Bimo Widyo Handoko, SH., MH.,  dalam sambutannya mengatakan,Program Doktor Prodi IPA  dari segi kelayakan, daya tampung, prodi yang diusulkan termasuk langka atau tidak, kita sudah mereview semua . Pada kapasitas kami di LLDIKTI bahwa program studi yang diusulkan  masih langka diwilayah kami.
Ke depannya prodi ini diperlukan untuk menjawab tantangan-tantangan dalam bidang IPA  mendukung program-program yang sudah ada di UNY. Dari segi dosen yang diusulkan, 7 orang yang diusulkan adalah Guru Besar untuk mengawal program ini ke depan . Semoga apa yang diusulkan ini berguna nantinya, karena dalam program-program setelah program magister jarang sekali program IPA di wilayah Yogyakarta.  
Sementara itu, Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto., M.Kes., AIFO, menjelaskan, usulan Prodi Pendidikan IPA adalah bagian dari komitmen kami untuk senantiasa mewujudkan lembaga yang selalu meningkat kualitasnya.
“Beberapa waktu yang lalu Kemendikbudristek mengumumkan, UNY sebagai  PTN BLU menduduki peringkat 2 BLU dari Indikator Kinerja Utama (IKU) dengan skor 80 dan pertumbuhan 745 sekaligus peringkat pertama perolehan  8 IKU, kami meraih 5 dari 8 indikator IKU dengan skor tertinggi. FMIPA memberikan kontribusi pertumbuhan paling tinggi diantara fakultas lain  yaitu 898”, paparnya.
FMIPA setiap tahun baik dosen, mahasiswa, tendik, selalu tampil kedepan, sehingga menjadi inspirasi  bagi fakultas lain untuk ikut mencontoh apa yang dilakukan keluarga besar FMIPA untuk maju dalam tata kelola  Tri Darma Perguruan tinggi.
Rektor menambahkan, salah satu keberhasilan tatakelola perguruan tinggi adalah adanya program-program doktor yang ada difakultas diperguruan tinggi itu. UNY sudah menegaskan bahwa S3, S2 yang monodisiplin diserahkan pengelolaannya ke FMIPA.  Sehingga laboratorium, dll sudah barang tentu lebih kontributif ketika dikelola oleh fakultas terkait. (witono)