SKILL TRAINING PEMBUATAN BUKET SNACK

Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) MIPA Creativepreneur Club (MCC) FMIPA UNY telah menyelenggarakan kegiatan Skill Training dengan topik “Pelatihan Buket Snack sebagai Peluang Usaha Kreatif bagi Mahasiswa” pada Minggu, 29/5/22. Kegiatan diselenggarakan dengan konsep hybrid yaitu menggabungkan kegiatan offline yang bertempat di ruang D03.1.01.06 dan online melalui platform zoom meeting. Acara Skill Training diperuntukkan bagi mahasiswa FMIPA dan juga untuk masyarakat umum. Total peserta Skill Training dalam pelatihan buket snack berjumlah 33 orang, terdiri dari 15 peserta offline dan 18 peserta online yang bergabung dalam zoom meeting.
Pembicara dalam pelatihan buket snack yaitu Devi Nurul Amalia dari Temanggung yang merupakan seorang mahasiswa FMIPA UNY. Devi sudah mempunyai bisnis buket sejak tahun 2018. Bisnis buketnya sudah terkenal disosial media Instagram @dna_bouquet dengan 15,5 ribu pengikut.
Evelyn Octaviani dari humas MCC mengatakan, Pelatihan ini dimulai dengan pemberian pengetahuan mengenai usaha buket snack dari segi peluang usahanya, kelebihan dan kekurangan, modal, maupun tantangan dalam usaha buket snack. Kemudian dilanjutkan dengan acara pelatihan peserta untuk membuat buket snack secara langsung. Bagi peserta online seluruh alat dan bahan dipersiapkan sendiri dari rumah masing-masing, sedangkan peserta offline sudah disediakan dari pihak panitia penyelenggara.
“Pelatihan membuat buket snack secara offline dibagi menjadi 3 kelompok peserta yang dipandu oleh pembicara dalam proses pembuatannya. Alat dan bahan yang digunakan yaitu snack, kain spunbond / kertas cello / kertas samson, tusuk sate, kardus, lem bakar, dan pita”, katanya.
Evelyn menjelaskan, langkah pembuatannya dimulai dengan memotong kardus sesuai ukuran dan menempelkan tusuk sate pada kardus sebagai penyangga. Lalu menempelkan snack di kardus dan terakhir adalah membungkus menggunakan kain spunbond / kertas cellophone / kertas samson. Penutup dari acara tersebut yaitu pemberian masukan oleh pembicara kepada masing-masing kelompok dan diakhiri dengan foto bersama. (witono)