SMART BATIK INDONESIA CIPTAKAN BATIK “BHINEKA TUNGGAL IKA”,

Start-Up Usaha Batik asal Yogyakarta, Smart Batik Indonesia kembali mengeluarkan motif batik baru. Smart Batik Indonesia adalah salah satu usaha kreatif dan prestatif di Kota Yogyakarta yang dirintis sejak bulan Juli 2015. Pada tahun 2017, usaha ini memperoleh bantuan hibah Wirausaha Pemula dari Kementerian Koperasi dan UKM RI. Sebelumnya usaha ini sukses menjadi Juara 1 Lomba Inovasi Bisnis Pemuda BPO DIY 2016, Juara 1 Lomba Inovasi Teknologi Mahasiswa Dikpora DIY 2016, Penghargaan “UKM WoW” Gebyar UKM 2016, Penghargaan “Dekoya Bagaskara” (Rising Star) Dekranasda Kota Yogyakarta Award 2016, dan sebagai profil kepeloporan Pemuda Pelopor Kota Yogyakarta bidang Sosial, Budaya, Pariwisata, dan Bela Negara 2016.
Owner Smart Batik Indonesia, Miftahudin Nur Ihsan yang juga alumni Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY ini sebelumnya berhasil membuat motif-motif tematik, seperti motif pendidikan, kesehatan, transportasi, pertanian, kini usaha yang belum genap dua tahun tersebut kembali membuat motif baru, yaitu motif bertema persatuan “Bhineka Tunggal Ika”.
Ihsan  menjelaskan bahwa ide pembuatan motif ini karena keprihatinannya dengan kondisi nasional saat ini. “Saya melihat bangsa ini sedang dihadapkan dengan banyak masalah, salah satu yang paling menonjol adalah isu SARA. Indonesia adalah negara yang besar karena masyarakatnya berbeda-beda, baik dari suku, budaya, maupun agama. Perbedaan inilah yang menuntut masyarakat kita untuk saling menghargai. Perbedaan inilah yang membuat kita kuat.
Menurut Pemuda Pelopor Kota Yogyakarta 2016 tersebut, motif ini cukup unik karena memunculkan peta Indonesia dalam bingkai sekar jagad. Selain itu ada nuansa klasik motif parang dan truntum dalam ceplok sekar jagad yang lain dan diapit dua tumpal bergambar senyawa porfirin sederhana. Semua ini dikerjakan secara manual (handmade) menggunakan malam/ lilin batik.
Ihsan menjelaskan makna dari motif ini cukup kompleks “Bingkainya sekar jagad menggambarkan keanekaragaman, keserasian, dan keindahan. Lewati bingkai sekar jagad, saya berharap kita semua sadar bahwa keanekaragaman bangsa ini yang membuat kita kuat. Kemudian motif utama, menggambaran peta Indonesia adalah untuk menegaskan bahwa kita adalah Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, kita semua saudara, kita dapat bersatu, meskipun dipisahkan oleh lautan”.
Ihsan menambahkan “Sementara selingan corak tradisional parang dan truntum menggambarkan harapan bangsa ke depan. Parang secara umum menggambarkan semangat yang tidak pernah padam. Harapan dari corak parang ini ini adalah kita senantiasa selalu bersemangat dalam membangun Indonesia. Sedangkan motif truntum diartikan sebagai tumbuh lagi. Ini berarti harapan agar kita menumbuhkan lagi rasa cinta tanah air dan rasa persatuan demi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bagian terakhir dari batik ini adalah motif tumpal. Motif tumpal yang diambil merupakan gambar senyawa porfirin. Porfirin merupakan senyawa dasar yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan). Porfirin membentuk hemoglobin (manusia) dan klorofil sebagai salah satu elemen terpenting. Maknanya adalah semangat persatuan “Bhineka Tunggal Ika” adalah salah satu syarat agar negara ini tetap eksis dan berkembang. Oleh karena itu, hal ini perlu dijaga”.
Rencananya batik bertema persatuan ini akan di jual dengan harga terjangkau, Rp130.000,00 untuk ukuran 2 m x 1,15 m agar batik ini dapat dinikmati semua elemen masyarakat. Batik ini akan dipasarkan secara luas melalui media online, sehingga dapat menjangkau seluruh Indonesia. Pemesanan dapat dilakukan melalui instagram @smart_batik, facebook Smart Batik Indonesia, ataupun langsung ke 085747070386 (Ihsan).  (witono)