KULIAH UMUM PAULO CANAS RODRIGUES

Paulo Canas Rodrigues dari Center for Applied Statistics and Data Analytics, University of Tampere, Finland yang juga mengajar di Department of Statistics, Federal University of Bahia, Brazilmemberikan kuliah umum kepada mahasiswa jurdik matematika FMIPA UNY, Jumat 11/11 di FMIPA. Pada kesempatan tersebut Paulo menyampaikan materi tentang The Role of Statistics in Big Data.
Paulo menjelaskan, statistics sudah banyak digunakan di banyak bidang bisnis seperti ekonomi, ilmu computer, marketing. Untuk ilmu fisika banyak digunakan di astronomi, kimia, fisika.  Selain itu banyak digunakan di bidang agri kultur, ekologi, kehutanan. Sedang  untuk kesehatan dan pengobatan seperti genetik, uji klinis, dll.
“Aplikasi big data, untuk bidang teknologi sudah digunakan seperti oleh eBay.com, amazon.com, facebook serta google. Untuk facebook mampu menangani 50 miliar foto dari basis pengguna. Sedangkan untuk google pada Agustus 2012, telah menangani sekitar 100 miliar pencarian per bulan”, terang dosen kelahiran Portugal ini.
Di sektor swasta, Walmart menangani lebih dari 1 juta transaksi nasabah setiap jam, yang diimpor ke dalam database diperkirakan mengandung lebih dari 2,5 petabyte (2.560 terabyte) data setara dengan 167 kali informasi yang terkandung dalam semua buku di Perpustakaan Kongres AS.
“Menurut perkiraan, volume data bisnis di seluruh dunia, di semua perusahaan, dua kali lipat setiap 1,2 tahun”, tegasnya.
Lanjut Paulo, aplikasi Big Data untuk jaringan sosial, prosesor google melakukan permintaan pencarian rata-rata lebih dari 40 000 pencarian per detik, yang diterjemahkan ke lebih dari 3,5 miliar pencarian per hari. Sedangkan untuk facebook, setiap menit ada 3.125.000 orang yang nge-like di facebook dan 243.055 foto baru diunggah di facebook, yang setara dengan 4,5 miliar orang seperti baru dan 350 juta foto diunggah setiap hari. Ada 17 miliar lokasi tag facebook, 4.75 miliar item yang dibagikan oleh pengguna facebook, dan 10 miliar pesan yang dikirim, setiap hari. (witono)