PELATIHAN PENGELOLAAN LAB FISIKA BAGI PENGELOLA LAB DI SEKOLAH

Untuk memberikan bekal dan peningkatan kualitas pelayanan laboratorium di sekolah, FMIPA UNY menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Lab Fisika bagi Kepala Lab Fisika SMA/SMK. Pelatihan yang dilaksanakan 18 –22/2/16 di lab FISIKA FMIPA UNY ini diikuti oleh sekitar 20 guru dari daerah Kalimantan Timur, Cilacap, Sampit, Cirebon, Gunung Kidul, Klaten, dll.
Dalam pembukaan pelatihan, Wakil Dekan I FMIPA,  Dr. Suyanta menjelaskan bahwa pelatihan lab ini untuk melayani masyarakat dan mensukseskan program pemerintah yaitu peningkatan mutu dan kualitas pendidikan nasional. Selain itu juga untuk pemerataan kualitas pendidikan di daerah.
“Pemerataan pendidikan di daerah merupakan tugas yang tidak ringan, tertutama di daerah pelosok yang sampai saat ini jumlah gurunya masih minim, terutama di luar pulau Jawa atau daerah perbatasan. Kita masih susah mencari guru yang mau bekerja di daerah perbatasan”, lanjutnya. 
Pelatihan guru juga sekaligus untuk meng-upgrade kemampuan guru sehingga kegiatan belajar mengajar lebih baik dari sebelumnya. 
Sertifikasi guru dan dosen adalah sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas pendidik. Dengan kenaikan gaji guru diharapkan kegiatan proses belajar mengajar  tidak terpengaruh oleh hal lainnya.
Saat ini pemerintah banyak menggelontorkan uang supaya guru-guru bisa studi lanjut lewat beasiswa P2TK sehingga kualitas guru meningkat. (witono)