FMIPA UNY PANEN MELON

FMIPA UNY khususnya Jurusan Pendidikan Biologi mempunyai banyak laboratorium (lab), salah satunya Green House yang ada di lantai 4 lab Biologi. Green House tersebut ditanami beberapa jenis tanaman diantaranya sawi, bayam, cabai, dan melon yang ditanam dan dikelolah oleh mahasiswa dan pengelola lab. Di tempat tersebut ada lebih dari 200 tanaman melon yang siap dipanen. 
Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab,M Pd,. MA, bersama para pejabat UNY lainnya melakukan panen melon yang ada di Green House tersebut, Selasa, 14/7.  Sebelum memanen para pejabat tersebut mendapat penjelasan dari  penglola Green House yaitu Suratsih, M.Si.  Waktu memanen mereka memetik sendiri  buah melon sesuai selera masing-masing.   
Disela-sela panen, rektor mengatakan, dengan adanya kebun percobaan ini bisa memberikan bukti kepada para mahasiswa dan dosennya untuk bisa berbuat sesuatu dibidang agrobisnis.
“Buah melon bukan hanya dikonsumsi didaerah Jogja saja tetapi  juga menjadi konsumsi dibelahan dunia lainnya. Dihotel-hotel dalam negeri dan luar negeri  hidangan makannya hampir selalu ada buah melon dan semangka”, lanjutnya. 
Diterangkan, kalau ini dikembangkan terus dan tidak berhenti sampai disini, ada marketing yang bagus maka bisa menjadi sumber kehidupan dengan berwirausaha. Buah melon dan semangka yang banyak dikonsumsi manusia dibelahan dunia lain menunjukan bahwa buah melon ini mempunyai prospek pasar yang bagus.
Sementara itu Suratsih menjelaskan bahwa tanaman yang ada di green house ini hanya menggunakan pupuk organic. Pupuk kimia hanya untuk menstimulasi saja. Sedangkan untuk tempat tanam, satu tempat hanya untuk satu pohon, karena jika satu tempat untuk dua pohon hasilnya kurang maksimal atau buahnya hanya kecil-kecil. (witono)