JPMS

Pedoman Penulisan Artikel Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains (JPMS)

  1. Artikel berupa hasil penelitian dalambidang pendidikan matematika atausains yang belum atau tidak sedang diproses untuk dipublikasikan di jurnal atau berkala laindan bukan hasilplagiat atau mengandung unsur plagiat. Apabila telah dipresentasikan di seminar, harus disebutkan nama, tempat, dan tanggal penyelenggaraan seminar.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan Ms Word, tipe huruf Times New Roman 12, spasi 1,5, diketik dua kolom dengan jarak antarkolom 0,75 cm,  ukuran kertas A4, margin top dan left 1,5 cm, sertabottom dan right 1,2 cm. Panjang naskah 15 – 20 halaman. (Contoh tata tulis dapat dilihat padaTemplate Artikel JPMSyang dapat diakses difmipa.uny.ac.id
  3. Artikel  ditulis dengan sistematika dan ketentuan sebagai berikut.
  1. Judulditulis dengan singkat dan padat, tidak lebih dari 14 kata, yang mencerminkan substansi yang diuraikan pada batang tubuh artikel
  2. Nama Penulis, individu maupun tim, ditulis secara lengkap tanpa gelar di bawah judul 
  3. Instansi dan Alamat Penulis ditulis di bawah nama dan email penulis
  4. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang masing-masing terdiri atas satu paragraf, maksimum 150 kata.
  5. Kata Kunci berupa beberapa kata atau istilah yang mencerminkan esensi konsep dari artikel yang disebut dalam abstrak.
  6. Batang Tubuh Artikel terdiri atas (1) pendahuluan, (2) metodepenelitian, (3) hasil penelitian dan pembahasan yang disajikan menyatu, dan (3) simpulan dan saran.
  7. Daftar Pustakadisajikan denganketentuan sebagaiberikut:
  1. Cara penunjukan atau penulisan sumber acuan dalam teks
  1. Langsung dari penulis
  • Menurut Muhibbin Syah (2006:hal) evaluasi dapat dilakukan pada....
  • …tahap-tahappembelajaranmembangun sebuah siklus berbentuk lingkaran (Everret dan Moyer, 2009).
  1. Pendapat seseorang yang telah dikutip oleh penulis lain
  • Zaitoon (Al-bashaireh, 2011) menyatakan bahwa ....
  • ... sebagaimana dikemukakan Zaitoon(Al-bashaireh, 2011).
  1. Langsung dari penulis yang karyanya diedit oleh seorang editor
  • AjatSudrajat (DarmiyatiZuchdi, 2011) menyatakanbahwa….
  • MenurutDjemariMardapi (DarmiyatiZuchdi, 2011) adaempattipekarakteristikafektif yang penting, yaitu….
  1. Penulisan sumber acuan dalam Daftar Pustaka
    1. Dari buku teks

Nana Syaodih Sukmadinata. (2008). Metode Penelitian Tindakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

  1. Dari buku teks yang dirangkum oleh editor

DjemariMardapi. (2011). PenilaianPendidikanKarakter.DalamDarmiyatiZuchdi (Ed.). PendidikanKarakterdalamPerpesktifTeoridanPraktik.Yogyakarta: UNY Press

  1. Dari buku terjemahan

Borba, M. 2008. MembangunKecerdasan Moral: TujuhKebajikanUtama agar AnakBermoralTinggi. (Terjemahan Lina Jusuf). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

  1. Dari jurnal

Al-bashaireh, Zeid. (2011). Systemic Approach Effect on Achievement of Tafila School Students in Science. International Journal of Humanities and Social Science, Vol. 1 (3), p. 47-52

  1. Dari kumpulan abstrak penelitian atau proceeding

Paidi. (2008). Urgensi Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Metakognitif Siswa SMA melalui Pembelajaran Biologi. Prosiding, Seminar dan Musyawarah Nasional MIPA yang diselenggarakan oleh FMIPA UNY, tanggal 30 Mei 2008.  Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

  1. Dari internet

White, H. (2007). Problem-Based Learning in Introductory Science Across Disciplines. Diakses tanggal 27 Maret 2007 dari http://www.udel.edu/chem/white/finalrpt.html

  1. Artikel dikirim ke Redaksi JPMS dalam bentuk file melalui email jpms.mipa@yahoo.com atau jpms@uny.ac.idAlamat redaksi: Kampus FMIPA UNY Kampus Karangmalang Yogyakarta 55281, telp. (0274) 586168
  2. Artikel yang diterima redaksi akan direview dan diseleksi oleh dewan redaksi dan mitra bestari. Artikel dapat diterima tanpa perbaikan, diterima dengan perbaikan, atau ditolak.

Atau Untuk mengakses Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains (JPMS) silahkan klik :http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms