STUDI LAPANGAN MAHASISWA BARU

Serangkaian kegiatan yang harus dilalui mahasiswa baru diantaranya adalah studi lapangan dan keakraban. Dengan tujuan untuk menjalin hubungan yang akrab antara kakak dan adik angkatan, kegiatan berlangsung serempak pada tanggal 24 – 26 September 2010 pada lima lokasi yang berbeda. Jurusan pendidikan matematika melangsungkan kegiatan di Wisma Dharmais Pengasih Kulonprogo, jurusan pendidikan fisika di desa Pentingsari Sleman, jurusan pendidikan biologi di Nglanggeran Gunungkidul, jurusan pendidikan kimia di Rest Area Bunder Wonosari dan pendidikan IPA dilaksanakan di Youth Centre Mlati Sleman.
Studi lapangan dan keakraban Jurusan pendidikan matematika yang berlangsung di Wisma Dharmais Pengasih Kulonprogo berlangsung selama 3 hari 2 malam acara diisi oleh pembicara seperti Pendidikan Profetik yang mendatangkan pembicara Fika Enggar Susanto mahasiswa FIK UNY. Selain itu ada materi “From Zero to Hero” yang merupakan pengenalan manajemen diri mahasiswa baru untuk kedepan oleh Sigit Nursyam, mantan Ketua BEM REMA UNY. Hari kedua dilaksanakan outbond dengan rute menelusuri lingkungan alam sekitar dan pada malam harinya diadakan pentas seni yang melibatkan seluruh mahasiswa baru.
Di Rest Area Bunder Wonosari jurusan pendidikan kimia mengadakan kegiatan studi kimia dan keakraban. Pemberian materi yang bersifat ilmiah disampaikan oleh dosen jurusan pendidikan kimia FMIPA UNY Das Salirawati, M.Si dengan judul Enjoyfull Learning dan diadakan outbond mengelilingi alam sekitar. Sedangkan jurusan pendidikan IPA yang mengadakan studi lapangan di Youth Centre Mlati Sleman memberi serangkaian materi seperti motivation training oleh Tri Puspito dari FISE UNY serta pentas api unggun dan outbond.
Jurusan pendidikan biologi dalam menyambut mahasiswa barunya menyiapkan studi lapangan untuk mengenal keanekaragaman hayati, outbond dan biogames di Nglanggeran. Satino, M.Si dosen jurdik biologi FMIPA UNY menyampaikan makalahnya dalam temu ilmiah. Peserta juga dibagi menjadi lima bidang dalam student development program meliputi penelitian, jurnalistik, enterpreneur, olahraga dan seni, serta sosial kerohanian. Sementara itu jurdik fisika menyiapkan games dan outbond untuk mahasiswa baru, juga membagi peserta menjadi tiga bidang student development program yaitu penelitian, jurnalistik dan entrepreneur. Sedangkan materi diberikan oleh Yuliantoro dari jurdik fisika.